Senin 21 Feb 2022 17:07 WIB

Peringati HPSN, Arief Canangkan Program RW tanpa Sampah

Pencanangan RW tanpa sampah akan mengurangi beban dari TPA.

Peringati HPSN, Arief Canangkan Program RW Tanpa Sampah
Foto: Dok Republika
Peringati HPSN, Arief Canangkan Program RW Tanpa Sampah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah meresmikan pencanangan RW Tanpa Sampah, Menuju Kelurahan Tanpa Sampah bertepatan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022.

Arief menyebutkan dengan pencanangan RW tanpa sampah akan mengurangi beban dari TPA Rawa Kucing yang menjadi muara sampah dari rumah tangga maupun lingkungan di wilayah Kota Tangerang.

Baca Juga

"Dengan pemilahan sampah yang dilakukan di sumber, khususnya dari rumah tangga. Karena saat ini sampah yang masuk di TPA Rawa Kucing mencapai 1.500 ton per hari," ungkap Wali Kota dalam pencanangan RW tanpa sampah di Komplek Lapas Klas 1 , RW. 04 Kelurahan Babakan, Tangerang, Senin (21/2).

Wali Kota menjabarkan Pemkot Tangerang juga tengah menyiapkan skema pengangkutan sampah dari rumah tangga agar tidak terjadi penumpukan di lingkungan.

"Sampah yang sudah terpilah akan dibawa secara terpisah, sedangkan residunya akan diangkut ke TPA dengan bentor," jelasnya yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tihar Sopian.

Lebih lanjut Arief mengungkapkan dengan dilakukannya pemilahan sampah di sumber, masyarakat tidak lagi menjadi objek namun menjadi subjek dari program pengolahan sampah.

"Selain itu, lingkungan juga bisa jadi lebih bersih dan juga sehat," tutup Wali Kota.

Untuk diketahui, dalam kesempatan tersebut Wali Kota juga memberikan bantuan berupa satu unit dropbox sampah Bahan Berbahaya Beracun (B3), 50 box sampah organik, karung anorganik serta plastik pengumpul sampah B3.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement