Senin 21 Feb 2022 19:48 WIB

Setahun di Mars, Rover NASA Bersiap untuk Periksa Kawah Jezero

Kawah Jezero dulunya merupakan danau besar dan delta sungai.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
 Wahana penjelajah Planet Mars, Perseverance kembali menyelidiki batuan di Kawah Jezero di Mars.
Foto: nasa
Wahana penjelajah Planet Mars, Perseverance kembali menyelidiki batuan di Kawah Jezero di Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, INDIANA -- Rover Perseverance milik Badan Antariksa Amerika (NASA) sudah setahun berada di Planet Mars pada 18 Februari lalu. Tahun kedua di Planet Mars seharusnya lebih penuh aksi daripada yang pertama.

Rover Perseverance seukuran mobil mendarat di dalam Kawah Jezero Mars pada 18 Februari 2021, bertugas mencari tanda-tanda kehidupan Planet Merah kuno dan mengumpulkan lusinan sampel untuk kembali ke Bumi di masa depan.

Baca Juga

Kawah Jezero selebar 45 kilometer adalah tempat yang bagus untuk melakukan pekerjaan seperti itu di Mars. Kawah Jezero di masa lalu terdapat danau besar dan delta sungai.

Di Bumi, delta sungai sangat bagus dalam melestarikan senyawa organik yang mengandung karbon-bahan penyusun kehidupan seperti yang kita kenal. Ilmuwan pengelola Perseverance ingin sekali memeriksa delta Jezero. Mereka harus mulai melakukannya dalam beberapa bulan mendatang.

“Untuk misi tahun kedua, kami sangat bersemangat untuk akhirnya sampai ke delta,” kata anggota tim sains Perseverance Briony Horgan, seorang profesor ilmu planet di Universitas Purdue, dalam sebuah video yang dirilis oleh sekolah pekan ini, dilansir dari Space, Senin (21/2/2022).

“Delta di Kawah Jezero adalah alasan kami memilih lokasi pendaratan, dan kami berharap bisa mencapainya nanti musim semi ini,” kata Horgan.

“Begitu kita berada di sana, kita akan dapat melihat dasar danau purba yang pernah memenuhi Jezero untuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroba purba, dan kami berencana untuk menghabiskan sepanjang tahun depan dengan menjelajahi endapan danau purba dan endapan sungai kuno yang berada di dalam delta,” ujarnya.

 

 

 

photo
Kawah Jezero menyimpan masa lalu planet Mars. - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement