Selasa 22 Feb 2022 07:26 WIB

7 Cara Alami Mengatasi Masalah Anosmia Akibat Virus Covid-19

Tidak bisa mencium bau akibat virus Covid-19?

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Anosmia
Anosmia

Salah satu tanda jika tubuh kita sedang terinfeksi virus Covid-19 adalah hilangnya kemampuan hidung untuk mencium bau, baik sebagian maupun secara keseluruhan. Kondisi ini dikenal dengan sebutan anosmia, meski tampak sepele namun kondisi ini bisa membuat penderitanya sangat tidak nyaman.

 

Anosmia dan penyebabnya

Anosmia

Anosmia

Ketika mengalami anosmia, hidung kita tidak dapat mencium berbagai jenis aroma yang ada disekitar. Mulai dari bau makanan, parfum, bunga, bau gas bocor, kebakaran dan jenis bau menyengat yang lainnya.

Selain membuat kemampuan mencium aroma berkurang atau menghilang sementara, anosmia juga dapat membuat penderitanya kehilangan selera makannya. Sehingga mereka tidak mendapatkan nutrisi yang cukup bahkan tidak jarang mengalami frustasi.

Dikutip dari NetMeds, kondisi anosmia pada seseorang terjadi akibat adanya kerusakan saraf yang bekerja untuk mengirim sinyal dari hidung ke bagian otak.

Selain itu, ada sejumlah hal lain yang menyebabkan anosmia, yaitu masalah sinus, hidung tersumbat, tumor di bagian saraf penciuman, hingga cedera pada otak. Akan tetapi, saat ini anosmia menjadi salah satu gejala seseorang yang positif terinfeksi virus Covid-19.

Anosmia yang diakibatkan oleh virus Covid-19 umumnya berlangsung beberapa hari hingga berbulan-bulan sampai kondisi penciuman kembali normal.

Baca Juga: Malaise, Gejala Ringan yang Jadi Tanda Terjangkit Covid-19

Tips merawat dan mengobati anosmia akibat virus Covid-19 secara alami

Cara Mengatasi Anosmia

Dikutip dari situs Healthline, latihan untuk mencium bau bisa jadi salah satu cara alami untuk mengatasi masalah anosmia. Kita bisa menggunakan benda-benda dengan aroma yang kuat yang ada di rumah untuk membantu mengembalikan penciuman agar normal kembali. 

Selain itu, ada beberapa tips merawat dan mengobati masalah anosmia secara alami dan meningkatkan kemampuan indera penciuman akibat virus Covid-19. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Bilas hidung dengan air garam 

Langkah pertama untuk mengatasi masalah penciuman akibat virus Covid-19 yakni dengan membilas hidung dengan air larutan garam. Larutan tersebut mampu membantu mengatasi anosmia dengan membunuh bakteri penyebab masalah di hidung.

Lakukan secara rutin setiap pagi dan sore untuk membantu mengurangi masalah anosmia. Siapkan segelas air hangat dan garam secukupnya, larutkan garam ke dalam.air hangat tersebut lalu gunakan untuk membilas bagian hidung. 

2. Latihan mencium aroma dan bau yang berbeda

Setidaknya gunakan empat benda dengan aroma menyengat untuk membantu melatih indera penciuman. Kita bisa menggunakan benda-benda yang bisa ditemukan di rumah, misalnya saja minyak kayu putih, cengkeh, bubuk kopi, maupun bunga mawar.

Kegiatan untuk mengembalikan indera penciuman ini akan jauh lebih efektif ketika bau atau aroma yang digunakan setiap hari tidak berubah alias sama. Cara untuk mengatasi anosmia melalui latihan penciuman tidaklah sulit. 

Cukup dengan berkonsentrasi kemudian bau atau hirup keempat aroma berbeda yang sudah disiapkan. Pada masing-masing jenis bau tersebut, hirup aromanya melalui hidung minimal 20 detik. Agar hasilnya segera terlihat, lakukanlah latihan secara rutin, minimal tiga kali dalam sehari selama enam minggu berturut-turut. 

3. Jahe

Rimpang herbal satu ini memiliki kandungan gingerol yang membuat rasa dan aroma pada jahe begitu khas. Dimana hal ini ternyata bisa membantu memberikan rangsangan pada indera penciuman dan membuat indera perasa pulih kembali. 

Selain itu, rimpang jahe ini juga bersifat antimikroba dan pereda nyeri sekaligus ekspektoran alami. Ini sangat ampuh untuk membantu mengatasi masalah infeksi di saluran hidung termasuk mengangkat partikel rematik yang ada di hidung.

Kita bisa mengkonsumsi rimpang jahe secara langsung dengan cara dikunyah sedikit untuk memulihkan kembali indera penciuman karena anosmia akibat virus Covid-19. Atau bisa dengan menyeduhnya dengan air panas yang sudah mendidih, lalu biarkan hangat baru diminum.

Baca Juga: Jangan Panik! Lakukan 5 Pertolongan Pertama Ini Ketika Muncul Gejala Covid-19

4. Bawang putih

Cara mengatasi masalah anosmia dengan cara alami akibat virus Covid-19 selanjutnya adalah dengan bawang putih. Salah satu bumbu dapur ini nyatanya mengandung ricinoleic acid, zat ini bersifat anti inflamasi sehingga mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan yang terjadi di saluran hidung.

Selain itu, bawang putih juga bersifat antibakteri, di mana mampu membersihkan dahak yang menumpuk di saluran hidung dan membuat saluran hidung lebih lebar sehingga pernapasan jadi lebih mudah.

Cara mengatasi anosmia dengan bawang putih sangat ini cukup mudah. Siapkan bawang putih sebanyak lima siung kemudian ditumbuk halus atau cukup geprek saja. 

Lalu masukan ke dalam panci berisi satu gelas air yang sudah mendidih lalu rebus kembali selama 2 menit dan masukan garam secukupnya. Angkat dan minum selagi hangat dua kali sehari hingga indera penciuman kembali membaik. 

5. Daun mint

Kandungan senyawa antimikroba dan anti inflamasi di dalam daun mint mampu membantu mengatasi masalah hidung yang tersumbat akibat anosmia atau kehilangan kemampuan mencium bau. Selain dapat digunakan untuk terapi bau seperti langkah sebelumnya, daun mint pun juga mampu melegakan saluran pernapasan termasuk mengatasi anosmia.

Untuk menggunakan daun mint sebagai alternatif cara mengobati anosmia, siapkan 10 lembar daun mint. Kemudian masukan daun tersebut ke dalam panci berisi segelas air mendidih. Jangan lupa tambahkan satu sendok madu untuk membantu meningkatkan indera penciuman supaya lekas normal kembali.

6. Lemon

Cara selanjutnya untuk mengatasi anosmia yang bisa dicoba sendiri di rumah yakni dengan buah lemon. Buah yang kaya akan antioksidan, vitamin C, dan juga zat antimikroba ini mampu membantu mengembalikan hilangnya kemampuan penciuman akibat virus Covid-19.

Selain bisa digunakan untuk terapi penciuman, kita bisa mencampurkan perasan lemon dalam segelas air hangat, lalu tambahkan madu untuk menambahkan rasa. Minuman tersebut cocok diminum hangat-hangat dan mampu meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan sekaligus masalah anosmia.

7. Minyak jarak

Kandungan asam risinoleat dalam minyak jarak mampu membantu melawan munculnya infeksi, mengurangi peradangan dan pembengkakan di bagian saluran hidung. Herbal yang satu ini sering digunakan untuk memulihkan kembali penciuman akibat alergi atau pilek.

Untuk menggunakannya, cukup hangatkan satu sendok minyak jarak kemudian teteskan sedikit ke lubang hidung. Lakukan secara rutin dua kali sehari sesaat setelah bangun dan menjelang tidur. 

Bisa Diatasi dengan Bahan-Bahan Alami di Rumah

Ketika kita mengalami anosmia, ini menjadi tanda bahwa virus telah masuk dan menyerang tubuh. Tak perlu khawatir, meski tidak nyaman kondisi kehilangan penciuman tetap bisa dipulihkan kembali. 

Beberapa cara diantaranya bisa dengan menggunakan bahan alami untuk terapi penciuman yang sekaligus meningkatkan imun tubuh. Lakukan dengan rutin dan tetap optimis, dengan begitu pemulihan bisa berjalan lebih cepat.  

Baca Juga: Cara Menggunakan Alat Oximeter dan Meningkatkan Saturasi Oksigen saat Isolasi Mandiri

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement