Wednesday, 19 Muharram 1444 / 17 August 2022

Google Ingin Buat Notifikasi Gmail Hanya Muncul di Satu Perangkat

Senin 21 Feb 2022 15:24 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih

Gmail untuk iOS. Ilustrasi

Gmail untuk iOS. Ilustrasi

Foto: Imore
Pengguna tampaknya merasa terganggu dengan notifikasi yang muncul di beberapa device.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketika Anda memiliki akun Gmail di laptop dan ponsel cerdas, notifikasi akan muncul di kedua perangkat. Bagi sebagian orang, kehadiran notifikasi yang muncul bersamaan sangat mengganggu.

Google akhirnya menyadari betapa banyak yang merasakan gangguan tersebut. Google kini sedang mengerjakan solusi potensial. Seperti yang pertama kali ditemukan oleh 9to5Google, perusahaan tampaknya melakukan tes terbatas untuk cara menghentikan notifikasi Gmail seluler saat Anda bekerja di versi browser aplikasi.

Baca Juga

Seperti yang dikatakan, tes itu terbatas untuk saat ini. Jadi, semuanya masih dalam proses tahap awal. Akan tetapi cara kerjanya cukup mudah. Saat Anda membuka Gmail di browser, Anda akan melihat pesan seperti ini:

Peringatakan memperjelas bahwa sistem ini mengharuskan Anda mengizinkan browser melacak aktivitas Anda. Namun, Anda hanya perlu membuat persetujuan sekali. Setelah menekan “Lanjutkan” dan memberikan izin yang sesuai, browser Anda akan secara otomatis mematikan notifikasi Gmail seluler saat Anda bekerja dan kemudian menyalakannya kembali saat Anda keluar dari aplikasi atau browser. Browser akan mengidentifikasi bahwa Anda tidak sedang aktif.

Dikutip Android Authority, Senin (21/2), aplikasi ruang kerja populer Slack sudah memiliki sistem seperti ini. Jika Anda aktif di aplikasi desktop Slack, notifikasi tidak akan muncul di ponsel Anda. Jika Anda menutup Slack di desktop Anda atau aplikasi hanya memperhatikan bahwa Anda belum melakukan apa pun di sana dalam beberapa saat, itu akan mulai mendorong notifikasi muncul ke ponsel. Ada kemungkinan, Google mencoba meniru cara Slack di sini.

Terlepas dari itu, cara ini akan menjadi tambahan yang paling disambut baik untuk Gmail. Pemberitahuan yang berlebihan itu nyata dan mengganggu, jadi apa pun untuk membantu menguranginya adalah hal yang baik.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA