Senin 21 Feb 2022 13:47 WIB

Charlie Munger Bagikan Nasihat Investasi di Tengah Volatilitas Pasar

Charlie Munger memberikan beberapa wisdom bagi investor di tengah volatilitas pasar

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Charlie Munger, Wakil Ketua Berkshire Hathaway Inc. (REUTERS/Lane Hickenbottom)
Charlie Munger, Wakil Ketua Berkshire Hathaway Inc. (REUTERS/Lane Hickenbottom)

Miliarder dan Wakil Ketua Berkshire Hathaway, Charlie Munger memberikan beberapa wisdom bagi investor di tengah volatilitas pasar baru-baru ini.

“Jika Anda akan berinvestasi dalam saham untuk jangka panjang atau real estat, tentu saja akan ada periode ketika ada banyak penderitaan dan periode lain ketika ada booming,” kata miliarder berusia 98 tahun itu. “Dan saya pikir Anda hanya perlu belajar untuk menjalaninya.”

Munger pun mengutip puisi "Jika—" oleh penulis pemenang Hadiah Nobel Rudyard Kipling untuk menyoroti maksudnya.

Baca Juga: Elon Musk Masih Sakit Hati dengan Charlie Munger: Dia Pernah Bilang Tesla Akan Gagal

“Seperti yang dikatakan Kipling, perlakukan kedua penipu itu sama saja,” lanjut Munger. “Anda harus berurusan dengan siang dan malam. Apakah itu sangat mengganggumu? Tidak. Kadang malam dan kadang siang. Terkadang itu booming. Terkadang itu gagal. Saya percaya dalam melakukan sebaik yang Anda bisa dan terus berjalan selama mereka membiarkan Anda.”

Melansir Yahoo Finance di Jakarta, Senin (21/2/22) namun bukan berarti berinvestasi itu mudah: Munger juga mengemukakan bahwa berinvestasi menjadi lebih sulit.

“Saya pikir dunia investasi sangat sulit, dan dalam hidup saya, 98 tahun itu adalah waktu yang ideal untuk memiliki portofolio saham biasa yang terdiversifikasi yang diperbarui sedikit dengan menambahkan yang baru yang masuk seperti Apple dan Alphabet dan sebagainya,” kata Munger.

Munger bahkan menyoroti bagaimana orang-orang akan mungkin mendapat 8-11% pengembalian.

"Itu adalah pengembalian yang luar biasa. Tidak ada generasi lain dalam sejarah dunia yang pernah mendapatkan pengembalian seperti itu. Dan saya tidak berpikir masa depan akan memberi pria yang lulus dari perguruan tinggi tahun ini peluang investasi yang hampir semudah itu. Saya pikir itu akan menjadi jauh lebih sulit," ujarnya.

Dengan segala pertimbangan, Munger mengatakan setiap investor harus tetap berpegang pada lingkaran kompetensinya.

"Saya pikir beberapa orang cukup berbakat sehingga mereka dapat berinvestasi dalam hal-hal yang sulit dan berharga," katanya.

"Saya pikir akan sangat bijaksana untuk memiliki ambisi yang lebih sederhana dalam hal apa yang mereka pilih untuk dihadapi. Jadi menurut saya, Anda harus mengetahui tingkat keterampilan Anda atau tingkat keterampilan yang dimiliki penasihat Anda. Tetapi untuk semua orang yang menganggap iklim investasi saat ini sulit dan agak membingungkan, saya akan mengatakan: Selamat datang di kehidupan dewasa."

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement