Senin 21 Feb 2022 12:03 WIB

Milenial di Amerika Pilih Aset Kripto untuk Kesejahteraan Finansial

Milenial di Amerika Serikat memilih metode alternatif seperti aset kripto untuk meningkatkan kesejahteraan finansial. Baca selengkapnya di sini.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
A cryptocurrency (Unsplash/Pierre Borthiry)
A cryptocurrency (Unsplash/Pierre Borthiry)

Data menunjukkan bahwa Milenial di Amerika Serikat berbondong-bondong memilih metode pembiayaan alternatif seperti aset kripto untuk meningkatkan kesejahteraan finansial mereka.

Sebuah laporan berjudul 'The State of Consumer Banking & Payments by Morning Consult' pada bulan Januari menemukan bahwa Milenial mengadopsi teknologi baru untuk membantu mereka membuat keputusan keuangan pada tingkat yang lebih tinggi daripada generasi lain.

Baca Juga: Bekukan Rekening dan Dompet Kripto Peserta Unjuk Rasa, Kanada Kini Dapat Kecaman

Penulis laporan, analis jasa keuangan Charlotte Principato, menggabungkan data dari 50.000 responden yang berbeda untuk survei bulanan yang dilakukan di Amerika Serikat dan internasional dari Juli hingga Desember 2021.

Melansir dari Cointelegraph, Senin (21/02) Principato menyatakan bahwa peningkatan penggunaan cryptocurrency pada tahun 2021 adalah outlier di antara statistik yang melompat keluar kepadanya saat menyusun laporan. Dia berkata:

"Meskipun aset yang mudah menguap, cryptocurrency telah berhasil menarik minat konsumen di seluruh dunia dan terus tumbuh."

Pada Desember lalu, sekitar 48% rumah tangga Milenial memiliki cryptocurrency, naik dari hanya sekitar 30% pada bulan Juni. Selama periode waktu yang sama, 20% dari semua orang dewasa AS melaporkan memiliki cryptocurrency.

Baca Juga: Bukan Cuma Bitcoin dan Ethereum, Aset Kripto ini juga Menarik untuk Dilirik Lho!

Penggunaan layanan keuangan alternatif generasi milenial seperti cryptocurrency mungkin disebabkan oleh fakta bahwa mereka menderita skor kesejahteraan finansial yang tetap terus-menerus lebih rendah dari rata-rata nasional sejak Juni 2021, menurut laporan itu. Rata-rata global pada Desember lalu adalah 50,98, tetapi kelompok Milenial bertahan di 49,54.

Principato mengatakan bahwa berkurangnya kesejahteraan finansial adalah tren yang dia perhatikan selama tujuh bulan terakhir. Dia mengaitkan penurunan itu dengan varian Delta dan Omicron, dan meningkatnya inflasi di AS, yang belum sepenuhnya pulih.

Situs web Morning Consult menyatakan bahwa skor kesejahteraan finansial ditentukan oleh skala yang mencakup 10 pertanyaan untuk mengukur keamanan dan kebebasan memilih saat ini dan masa depan, menyentuh kontrol konsumen atas keuangan mereka, kapasitas mereka untuk menyerap guncangan keuangan dan lintasan mereka untuk memenuhi tujuan keuangan mereka. 

Baca Juga: Musim Dingin Kripto Telah Tiba, Miliarder Ini Gak Setuju: Masih Banyak Aktivitas & Kegembiraan

Sementara Milenial secara umum adalah pemimpin, pemilik kripto adalah pria Milenial berpenghasilan tinggi yang tidak proporsional. Tujuh puluh persen pria Milenial menggunakan kripto, 25% dari mereka menghasilkan lebih dari 100.000 dolar per tahun.

Menariknya, orang Hispanik memiliki tingkat penggunaan kripto yang lebih tinggi daripada representasi mereka pada populasi orang dewasa secara umum. Sekitar 16% dari semua orang dewasa AS adalah Hispanik, tetapi mereka menyumbang 24% dari semua pemilik kripto.

Ketika cryptocurrency menjadi lebih utama sepanjang tahun 2021, responden dari setiap generasi yang disurvei, dari Baby Boomers, Gen Xers, Millennials dan gen Z dewasa semakin cenderung mempertimbangkan untuk melakukan pembelian dari pertukaran COINBASE AS.

Hasil dari laporan tersebut membuat Principato menyimpulkan bahwa "Cryptocurrency akan booming pada tahun 2022." Laporan tersebut menyatakan bahwa adopsi kripto dan onboarding generasi muda akan menjadi dua faktor utama yang menyebabkan ledakan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement