Senin 21 Feb 2022 10:18 WIB

Siapkah Kita Mewujudkan Metaverse? Ini Lima Syaratnya

Metaverse menjadi era baru sebuah kehidupan yang akan berjalan secara virtual

Metaverse menjadi era baru sebuah kehidupan yang akan berjalan secara virtual.
Foto: UNM
Metaverse menjadi era baru sebuah kehidupan yang akan berjalan secara virtual.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Metaverse merupakan dunia baru masa depan saat dunia ini diproyeksikan menjadi era baru sebuah kehidupan yang akan berjalan secara virtual. Di dunia virtual masa depan, manusia akan beraktivitas secara maya di dunia baru.

Kehidupan nyata akan bersinggungan erat dengan dunia virtual. Mereka akan beraktivitas di dunia maya dengan diwakilkan avatar masing-masing. Jangkauan dunia virtual akan sangat jauh karena mampu menghubungkan berbagai belahan dunia hanya dalam waktu singkat. Tempat yang sulit terjangkau oleh dunia nyata akan sangat mudah didatangi dalam metaverse.

Baca Juga

Kecanggihan era metaverse ini tentu membutuhkan dukungan berbagai bidang teknologi. Berikut beberapa bagian penting yang akan sangat dibutuhkan di era metaverse:

1. Jaringan Internet

Jangkauan dunia virtual tidak akan berfungsi tanpa adanya jaringan internet. Dibutuhkan jaringan internet yang kencang dan stabil untuk mewujudkan metaverse yang sempurna. Jaringan internet kuat dengan sinyal yang stabil sangat dibutuhkan untuk mendukung segala aktivitas di dunia virtual ini.

2. Virtual Reality

Virtual reality (VR) akan sangat memungkinkan kita masuk ke dalam metaverse. Perangkat teknologi VR menjadi alat yang dapat membantu manusia menjangkau metaverse dengan sempurna.

Sejumlah perusahaan seperti Oculus tengah mengembangkan VR. Saat ini, Nazare juga tengah mengoptimalkan VR dalam bentuk kacamata dengan sebutan AR Glasses. Dengan kacamata ini, maka untuk masuk ke metaverse menjadi sangat mudah.

3. Augmented Reality

Kecanggihan teknologi dapat membantu memasukkan dunia nyata ke dunia virtual dengan Augmented Reality (AR). Perkembangan teknologi terkini semakin membantu manusia dalam mempermudah aktivitasnya di dunia virtual. Teknologi AR sudah digunakan dalam fitur filter di Instagram atau media sosial lainnya.

4. Artificial Intelligence

Dalam mencapai kesempurnaannya, metaverse sangat membutuhkan artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan. AI digunakan untuk mendukung penuh tercapainya kehidupan virtual dengan sempurna.

Lewat kecerdasan buatan, manusia akan sangat mudah mengoperasikan dan memasuki dunia virtual. Maka adalah hal yang sangat mungkin jika metaverse sangat tergantung ilmu kecerdasan buatan.

5. Sosial Ekonomi

Tak luput dari itu semua, metaverse akan sangat membutuhkan dukungan unsur sosial dan ekonomi. Agar dapat maksimal mengoperasikan dunia virtual layaknya dunia nyata maka dukungan sosial ekonomi sangat diperlukan. Demi membangun kehidupan virtual, maka interaksi dan komunikasi antar individu yang berkepentingan cukup berperan. Begitu juga dalam hal ekonomi, cryptocurrency akan sangat mendukung kehidupan dunia virtual.

Semua bidang di atas memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung metaverse. Tentu saja semua itu tak terlepas dari bidang ilmu pengetahuan yang mampu mendukung terciptanya sumber daya manusia (SDM) unggul yang dapat menciptakan dunia virtual. Pendidikan sangat berperan penting baik dalam mendukung terwujudnya teknologi maupun menjaga kehidupan sosial yang baik.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) sesuai dengan visinya menjadi perguruan tinggi yang berkualitas dan berinovasi berbasis teknologi informasi, mempersiapkan lulusannya untuk menjawab tantangan masa depan dengan sangat baik.

Bagi generasi yang ingin mewujudkan mimpinya, dapat segera bergabung di kampus UNM dengan cara mengunduh aplikasi MyNusa PMB di Play Store secara gratis atau dapat mengunjungi laman https://daftar.nusamandiri.ac.id/.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement