Sunday, 3 Jumadil Awwal 1444 / 27 November 2022

Tips Usaha: Ciri-ciri Pengusaha Sejati, Apa Saja?

Senin 21 Feb 2022 09:12 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Tips Jadi Pengusaha

Tips Jadi Pengusaha

Pengusaha sejati bisa dikenali dari beberapa ciri. Ini ciri-ciri pengusaha sejati yang akan membawa pada kesuksesan, apa kamu termasuk?

Tak ingin menjadi karyawan di perusahaan orang lain. Justru malah ingin menjadi bos dan membuka banyak lapangan kerja. Ini bisa jadi salah satu ciri pengusaha sejati.

Apalagi jika kamu cukup kreatif dan memiliki minat besar untuk menghasilkan sesuatu. Calon pengusaha harus mampu menciptakan produk (barang atau jasa), di mana hal ini meliputi banyak proses sekaligus, seperti perencanaan, pencarian modal, pengadaan bahan baku, aktivitas produksi, pemasaran, dan yang lainnya. 

Namun pada dasarnya, tidak semua orang memiliki bakat sebagai pengusaha. Jika kamu berminat menjadi seorang pengusaha, maka harus memiliki kemauan besar untuk maju, termasuk kemampuan mumpuni dalam bidang yang akan digeluti.

Lalu, apakah kamu sudah memiliki semua ini? Berikut ini ciri-ciri pengusaha sejati yang bisa mengantarkan kamu pada kesuksesan.

Baca Juga: Survei: Kartu Kredit dan Paylater Jadi Andalan Anak Muda Belanja Cicilan

 

Pengusaha Sejati

Ciri-ciri pengusaha sejati

  • Menanamkan sifat dan sikap jujur

Sifat jujur merupakan ciri pertama yang menunjukkan kamu seorang pengusaha sejati. Pengusaha yang jujur akan selalu menjalankan bisnisnya dengan mengandalkan nurani, sehingga semua urusan akan berjalan dengan lancar.

Kejujuran bukan hanya perlu diterapkan di dalam diri sendiri, namun juga dalam bisnis secara keseluruhan dan orang-orang yang bekerja di dalamnya. Para karyawan perlu memiliki kejujuran yang tinggi di dalam diri mereka, sehingga bisa bekerja dengan sepenuh hati dan bersama membangun perusahaan.

  • Selalu disiplin 

Disiplin juga menjadi ciri seorang pengusaha sejati. Bisnis tidak bisa dibangun dalam semalam, namun membutuhkan kerja keras selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Jika kamu tidak disiplin dalam mengelola waktu, maka bisnis hanya akan jalan di tempat. Sikap disiplin kamu juga perlu ditularkan kepada para karyawan.

Tujuannya agar mereka juga memiliki kinerja maksimal di dalam setiap tugas mereka. Hal ini akan memudahkan kamu mencapai berbagai target di dalam bisnis yang dijalankan. 

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Modal Bisnis Agar Bebas Risiko Bangkrut

  • Pandai mengatur atau mengelola keuangan

Ciri pengusaha sejati lainnya adalah harus pandai mengatur dan mengelola keuangan. Artinya, kamu harus memiliki kemampuan dan pertimbangan yang baik dalam mengelola setiap rupiah.

Hal ini sangat penting, sebab pada dasarnya keuangan merupakan salah satu kunci kesuksesan di dalam sebuah bisnis. Jika kamu boros, konsumtif, dan menggunakan uang di luar kepentingan bisnis, maka keuangan akan berantakan dan perusahaan kamu bakal hancur atau bangkrut dalam sekejap.

  • Kreatif dan inovatif

Seorang pengusaha sejati harus kreatif dan inovatif. Kreativitas yang kamu miliki akan membantumu menghasilkan berbagai karya yang baru.

Sedangkan inovasi akan membuat kamu memiliki kemampuan melakukan berbagai terobosan untuk memperbaiki berbagai hal menjadi lebih efisien dari sebelumnya. Kedua hal ini akan menjadi kombinasi yang luar biasa dan bisa membawamu sukses dalam bisnis. 

Bisnis

Pengusaha harus kreatif dan inovatif

  • Berkomitmen tinggi

Komitmen yang tinggi merupakan ciri dimiliki oleh pengusaha sejati. Dalam menjalankan bisnis, seorang pengusaha dituntut berkomitmen atas apa yang akan dilakukan.

Bisnis tidak selalu berjalan dengan mulus dan bisa saja menemukan banyak tantangan, inilah mengapa dibutuhkan komitmen tinggi untuk menjalankannya. Komitmen akan membantu kamu bertahan, bahkan membalikkan keadaan menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. 

Baca Juga: Cara Menghitung Keuntungan Usaha yang Mudah

  • Mandiri dan tidak mudah menyerah

Dalam berbisnis, pengusaha harus memiliki sifat mandiri yang memungkinkan kamu terus maju dan menjalankan usaha dengan motivasi yang tinggi dari dalam diri. Tidak mudah menyerah bila gagal, atau menemui kendala.

Di lain sisi, kamu juga harus realistis dan menyesuaikan bisnis dengan kondisi dan kemampuan diri. Bisnis yang sukses adalah sesuatu yang direalisasikan dan tidak hanya direncanakan sepanjang waktu.

  • Memiliki keterampilan

Jika kamu terampil, maka akan memiliki kemampuan yang baik dalam banyak bidang sekaligus, seperti menyusun perencanaan dan menyesuaikannya di dalam bisnis, mencari peluang, melakukan aktivitas produksi dengan efisien, memasarkan produk dengan maksimal, dan lainnya.

Hal ini akan memungkinkan kamu mengelola bisnis dengan lebih mudah, sehingga bisa mendapatkan kesuksesan dalam bisnis tersebut.

Jadilah Pengusaha Sejati Sukses 

Bagi kamu yang berniat terjun ke dunia wirausaha, pastikan kamu memiliki ciri-ciri sebagai pengusaha sejati. Semua ini akan membantumu lebih mudah untuk mengelola usaha dengan cara maksimal.

Kamu akan menjadi pengusaha sejati yang sukses dan kelak bisa membantu banyak orang untuk bisa mendapatkan kesuksesan di masa depan.

Baca Juga: Ingin Sukses Merintis Bisnis yang Baru? Ini Tipsnya!

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA