Ahad 20 Feb 2022 21:17 WIB

Booking Berkah Ramadhan IZI Targetkan 50 Ribu Jiwa

IZI menyediakan kebutuhan pokok bagi keluarga dhuafa untuk sahur dan berbuka.

Rep: rossi handayani/ Red: wahidah
Relawan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) memberikan bantuan kepada warga dhuafa, belum lama ini.
Foto: izi
Relawan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) memberikan bantuan kepada warga dhuafa, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menyambut bulan Ramadhan, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) meluncurkan program Booking Berkah Ramadhan 1443 H. Program ini akan menyasar 50 ribu penerima manfaat.

"Ramadhan adalah momentum membangun kebersamaan dan berlomba-lomba, bergegas meraih keberkahan berlimpah yang dijanjikan," kata Direktur Utama IZI, Wildhan Dewayana, dalam konferensi pers peluncuran program Booking Berkah Ramadhan 1443 H secara virtual, Kamis (17/2). 

Wildhan mengatakan, Laznas IZI mengajak semua pihak untuk membantu warga, khususnya yang tinggal di wilayah 3T (tertinggal, terluar, terdepan), daerah minus, jauh dari perkotaan, serta berada di titik-titik perbatasan wilayah NKRI.

"Selain wilayah-wilayah minus di nusantara, pada Ramadhan tahun ini IZI juga mengajak seluruh kaum Muslimin di Tanah Air untuk turut memberikan perhatian kepada saudara-saudara kaum Muslimin minoritas di wilayah kawasan, negara tetangga kita yang terdekat,’’ katanya.  

Ia berharap, hal itu menjadi wujud konkret ukhuwah Islamiyah terhadap masyarakat di negeri jiran. ''Sekaligus bagian dari diplomasi kemanusiaan rakyat Indonesia dalam mempererat ikatan solidaritas sesama warga dunia," ujar dia. 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, melalui program Booking Berkah Ramadhan 1443 H, IZI menawarkan beberapa program unggulan. Salah satunya adalah penyediaan kebutuhan pokok bagi keluarga dhuafa untuk sahur dan berbuka sejak hari pertama puasa hingga Hari Raya. Bantuan ini diberikan kepada keluarga dhuafa di wilayah 3T prioritas dan kaum Muslimin di negara tetangga.

Secara nasional, setidaknya terdapat 62 daerah tertinggal (Perpres 63/2020), 111 pulau terluar (Keppres 6/2017), dan 42 wilayah perbatasan prioritas yang kondisinya jauh dari akses dan fasilitas pembangunan lainnya. 

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Tarmizi Tohor menyambut baik program Ramadhan IZI. ‘’Belum masuk bulan Ramadhan, mereka (IZI) sudah membuat program apa yang harus dikhususkan dalam bulan Ramadhan ini, IZI membuat langkah-langkah konkret selama bulan suci Ramadhan” katanya.

Sementara, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Muhammad Cholil Nafis menyampaikan, Booking Berkah Ramadhan berarti mempersiapkan kebaikan dari jauh-jauh hari. 

Dalam kesempatan ini, dilakukan pula penganugerahan penghargaan 10 kategori Award MIZI kepada 10 mitranya yang berasal dari berbagai instansi seperti perusahaan, e-commerce, lembaga, perumahan maupun crowdfunding yang selama ini telah mendukung program-program IZI. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement