Ahad 20 Feb 2022 20:27 WIB

Ratu Inggris Elizabeth Terjangkit Covid-19

Ratu Elizabeth terjangkit Covid-19 dengan gejala ringan

Rep: Rizky Jaramaya / Red: Nashih Nashrullah
Ratu Elizabeth Inggris. Ratu Elizabeth terjangkit Covid-19 dengan gejala ringan
Foto: AP/Yui Mok/Pool PA
Ratu Elizabeth Inggris. Ratu Elizabeth terjangkit Covid-19 dengan gejala ringan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON— Ratu Elizabeth yang berusia 95 tahun terkonfirmasi positif Covid-19 dan mengalami gejala ringan, namun berharap dapat melanjutkan tugas-tugas ringan pekan ini, kata Istana Buckingham, Minggu."Ratu hari ini dinyatakan positif Covid-19," kata pihak istana. 

"Yang Mulia mengalami gejala ringan mirip flu namun berharap tetap melanjutkan tugas-tugas ringan di Windsor dalam sepekan mendatang. Dia akan terus mendapatkan perawatan kesehatan dan akan mengikuti semua pedoman yang sesuai," kata pihak istana, Ahad (20/2/2022).   

Baca Juga

Sebelumnya, istri Pangeran Charles, Camilla atau Duchess of Cornwall dinyatakan positif Covid-19. Camilla terpapar Covid-19 empat hari setelah Pangeran Charles dipastikan terinfeksi virus corona. 

Clarence House mengatakan, Camilla langsung melakukan isolasi mandiri. Sementara Charles telah isolasi sejak positif Covid-19 pada Kamis (10/2/2022).  Tetapi Camilla melanjutkan kegiatan publik. Charles dan Camilla telah mendapatkan booster atau vaksin dosis ketiga. 

Awal pekan lalu, Charles diyakini telah bertemu dengan ibunya yaitu Ratu Elizabeth II saat berada di Kastil Windsor. Istana Buckingham belum mengatakan hasil tes Covid-19 Ratu Elizabeth II. 

Charles mengalami infeksi Covid-19 berulang atau re-infeksi. Pada Maret 2020 lalu, dia pernah terinfeksi  saat pandemi Covid-19 gelombang pertama.  

Pangeran Charles, pewaris takhta Kerajaan Inggris berusia 73 tahun, bulan ini menarik diri dari sebuah acara setelah terpapar virus corona untuk kedua kalinya. Seorang sumber istana mengatakan dia bertemu dengan Ratu Elizabeth beberapa hari sebelumnya.

Kesehatan Ratu Inggris, raja paling tua dan paling lama memerintah di dunia, telah menjadi sorotan sejak dia dirawat satu malam di rumah sakit pada Oktober lalu karena sakit yang tidak dijelaskan dan sejak itu disarankan untuk beristirahat oleh tim dokternya.

Elizabeth pada Rabu lalu berkelakar kepada anggota-anggota rumah tangga kerajaan bahwa dirinya tidak bisa banyak bergerak saat pertama kali bertugas secara langsung sejak Charles dinyatakan positif.  

sumber : AP/ Reuters/Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement