Senin 21 Feb 2022 00:20 WIB

Tarif Tiket KA Relasi Stasiun Garut-Pasar Senen Rp 41 Ribu

Saat ini kereta api komersial relasi Stasiun Garut-Pasar Senen sedang uji coba.

Bupati Garut Rudy Gunawan
Foto: Republika/Bayu Adji P.
Bupati Garut Rudy Gunawan

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan harga tiket Kereta Api (KA) kelas ekonomi untuk relasi Stasiun Garut-Pasar Senen, Jakarta, akan dikenakan sebesar Rp 41 ribu. "Tarif Stasiun Garut ke Pasar Senen dengan tarif sekitar Rp 41 ribu," kata Rudy saat uji coba kereta api relasi Stasiun Garut-Pasar Senen di Garut, Jawa Barat, Ahad (20/2/2022).

Saat ini kereta api komersial relasi Stasiun Garut-Pasar Senen sedang dilakukan uji coba sebelum diberi izin operasional oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Jalur Stasiun Garut-Cibatu yang baru selesai pembangunan reaktivasinya itu, kata Rudy, akan beroperasi tiga pemberangkatan kereta api kelas ekonomi setiap harinya. Tiga kereta api komersial itu, lanjut dia, selain relasi Stasiun Garut-Pasar Senen, ada juga Garut-Padalarang, dan Garut-Purwakarta, lalu dalam sepekan dua kali melayani rute kereta api eksekutif Stasiun Garut-Gambir Jakarta.

Baca Juga

"Tiga pemberangkatan dalam satu hari yaitu kereta api jurusan Garut langsung menuju ke Pasar Senen, jurusan kereta api Cibatuan itu sampai dengan Padalarang, dan jurusan kereta api dari Garut sampai ke Purwakarta, jadi ada kereta api tiga nanti di Garut itu," katanya.

Ia berharap sebelum Hari Raya Idul Fitri kereta api relasi ke Garut sudah bisa beroperasi melayani masyarakat umum, sehingga orang dari Jakarta yang mau mudik bisa menggunakan kereta api tanpa harus terjebak kemacetan di jalan. "Insya Allah sebelum Lebaran kita sudah ada kereta api dari Jakarta ke Garut, jadi kalau ada bapak-ibu punya anak di Jakarta, Lebaran enggak usah macet-macetan, ini kapasitasnya 500 orang," katanya.

Selama menunggu izin keluar, Rudy mengatakan, PT KAI pada 23 Februari 2022 akan mengoperasikan kereta api perjalanan Stasiun Garut-Cibatu bagi masyarakat umum secara gratis. "Mulai Rabu 23 Februari 2022, ada perjalanan kereta api Garut-Cibatu gratis, kurang lebih (uji cobanya) satu bulan," katanya.

Bupati mengajak masyarakat menggunakan jasa transportasi kereta api sebagai transportasi pilihan untuk bepergian ke luar kota yang aman, nyaman, dan tepat waktu. "Saya berharap bisa digunakan karena murah, waktunya tepat waktu, ayo gunakan kereta api sarana transportasi aman, murah, dan nyaman," katanya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement