Ahad 20 Feb 2022 16:59 WIB

11 Orang Hilang Dalam Kebakaran Kapal Feri Italia

Penjaga pantai Yunani berhasil menyelamatkan 280 dari 292 penumpang kapal feri.

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi kapal terbakar
Foto: ANTARA FOTO
Ilustrasi kapal terbakar

REPUBLIKA.CO.ID, CORFU -- Kementerian Perkapalan Yunani mengatakan tim penyelamat menemukan seorang penumpang kapal feri yang terbakar yang sebelumnya dinyatakan hilang. Penjaga pantai Yunani berhasil menyelamatkan 280 dari 292 penumpang dan seorang awak kapal berbendera Italia tersebut.

Kapal Euroferry Olympic terbakar di dekat Pulau Corfu, Yunani pada Jumat (18/2/2022). Kapal itu dalam perjalanan dari pelabuhan Igoumenitsa, Yunani menuju pelabuhan Brindisi, Italia. Pada Ahad (20/2/2022) operator feri dan pihak berwenang Yunani mengatakan 11 penumpang masih dinyatakan hilang.

Baca Juga

Mereka warga negara Bulgaria, Yunani, Turki dan Lithuania. Tapi penjaga pantai Yunani mengatakan tim penyelamat berhasil menemukan penyintas di buritan kapal yang hendak ditarik ke pinggir pantai.

Stasiun televisi Yunani menayangkan gambar seorang pria memanjat tangga kapal yang akan membawanya. Pada Sabtu kemarin tim penyelamat dan pemadam kebakaran menyelamatkan dua supir truk yang terjebak di kapal feri yang terbakar itu.

Pihak berwenang Yunani mengatakan dua supir truk itu terjebak di tengah kapal yang terbakar. Mereka menunggu helikopter tim penyelamat untuk membantu pasukan khusus pemadam kebakaran karena asap tebal yang membumbungi tinggi dari dek kapal.

Penyebab kebakaran masih belum diketahui. Perusahaan Italia pemilik kapal mengatakan api muncul saat mobil-mobil di parkir.

"Ini operasi yang sulit dan kami harus hati-hati, orang-orang di dalam kapal akan kembali dihitung di Corfu ketika semua orang yang diselamatkan dikumpulkan di sana," kata Wakil Menteri Perkapalan Yunani Costas Katsafados.

Penumpang yang berhasil diselamatkan dipindahkan ke Corfu, sebanyak 10 orang masuk rumah sakit. Tidak ada yang mengalami kondisi serius dan sebagian mengalami sesak napas.

Kebakaran terjadi tiga jam setelah Euroferry Olympia meninggalkan Igoumenitsa. Pihak berwenang Yunani ada sebanyak 239 penumpang dan 51 awak kapal di atas feri yang juga mengangkut 153 truk dan 32 mobil.

Feri sepanjang 600 kaki yang dibangun tahun 1995 itu dioperasikan Grimaldi Group yang bermarkas di Naples, Italia. Api muncul saat kapal berlayar dekat Kepulauan pulau-pulau kecil Yunani, Ereikousa, sekitar 15 kilometer dari Corfu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement