Ahad 20 Feb 2022 12:50 WIB

Ridwan Kamil Optimistis Situ Wangi Jadi Destinasi Wisata Terbaik di Ciamis

Pemprov Jabar akan tambah fasilitas perahu besar dan sediakan homestay di Situ Wangi.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Situ Wangi di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/2/2022).
Foto: dok. Istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Situ Wangi di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan obyek wisata Situ Wangi hasil revitalisasi, di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/2/2022). Wisata Situ Wangi, memiliki luas 5 hektare. Tak hanya punya fungsi ekologi saja tapi juga sosial yang bernilai ekonomi yakni ekowisata.

"Ini aspirasi warga waktu dulu saya datang ke sini, lalu saya pikirkan revitalisasinya dan memang yang namanya ekologis harus punya fungsi sosial juga untuk meningkatkan kebahagiaan dan ekonomi khususnya pariwisata," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Baca Juga

Emil meyakini, Situ Wangi akan menjadi destinasi wisata terbaik di Ciamis. Apalagi mendatang pihaknya akan menambah fasilitas perahu berukuran besar dan penyediaan homestay. Pelebaran jalan masuk juga akan dilakukan oleh Pemkab Ciamis agar kendaraan besar seperti bus bisa terfasilitasi.

"Ini akan jadi destinasi wisata situ terbaik di Ciamis, seiring waktu perahu dan lainnya akan ditingkatkan," katanya.

Revitalisasi Situ Wangi yang dirancang sendiri oleh Ridwan Kamil dikerjakan selama tujuh bulan dengan biaya bersumber dari APBD Jabar. Perubahan Situ Wangi sangat terlihat. Sebelum direvitalisasi Situ Wangi hanya digunakan untuk irigasi sawah dan aktivitas memancing warga.

Kini sejumlah fasilitas hadir seperti jalur pejalan kaki, menara pandang, fasilitas olahraga, area pertunjukan seni, tugu macan, gazebo, restoran hingga untuk resepsi pernikahan luar ruangan.

Emil memastikan, walaupun fungsi sosialnya ditingkatkan namun fungsi airnya terjaga dengan baik. "Hari ini sudah diperlihatkan fungsi airnya terjaga dengan baik tidak ada perubahan lalu fungsi sosialnya kita hadirkan dirapikan," katanya.

Emil meminta pengelola wisata Situ Wangi untuk berkomitmen agar tidak ada komplain dari wisatawan yang berkunjung. "Untuk manajemen pastikan harus zero complain tourism," katanya.

Selain itu, kata dia, walaupun angka kasus penularan Covid-19 di Ciamis masih terbilang rendah, Kang Emil meminta wisatawan untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Pengelola pun diminta untuk tegas bagi pelanggar prokes.

"Karena masih omicron tentunya prokes harus dijaga untuk memastikan semua dalam keadaan sehat. Si pengelola wisata mengatur proksenya jangan terlalu ngumpul," papar Emil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement