Ahad 20 Feb 2022 06:54 WIB

Snapchat Luncurkan Fitur Berbagi Lokasi dengan Teman

Fitur baru Snapchat berguna untuk memastikan keamanan pengguna saat di jalan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
Snapchat meluncurkan fitur berbagi lokasi secara real time.
Foto: EPA
Snapchat meluncurkan fitur berbagi lokasi secara real time.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pengguna Snapchat akan memiliki cara baru untuk mengawasi teman. Perusahaan sudah memperkenalkan pada Jumat (18/2/2022) akan berbagi lokasi waktu langsung atau real time. Fitur tersebut digunakan sebagai sistem teman untuk mengawasi teman atau keluarga yang sedang dalam perjalanan kencan atau menuju rumah.

Fitur ini mirip dengan aplikasi Find My App di iOS di mana pengguna yang telah memilih dapat melihat dan berbagi lokasi yang tepat. Pengaturan Snapchat dapat diaktifkan selama 15 menit atau beberapa jam dengan pengguna individu dan hanya tersedia untuk teman bersama di aplikasi.

Baca Juga

“Untuk mengurangi risiko penguntitan atau tekanan terus-menerus berbagi lokasi, pengguna dapat menjeda berbagi tanpa mengirimkan pemberitahuan kepada pihak lain, kata Snapchat, dilansir The Verge, Ahad (20/2/2022).

Fitur ini dinonaktifkan secara default dan tidak ada opsi untuk berbagi lokasi waktu langsung dengan semua teman Snapchat. Untuk mengaktifkan pengaturan, pengguna menavigasi ke profil teman dan memilih durasi berbagi lokasi. Status berbagi lokasi langsung terlihat dalam jendela obrolan dengan teman.

Fitur ini merupakan pembaruan lokasi langsung pertama yang diluncurkan Snapchat. Pengguna sudah memiliki opsi untuk membiarkan teman melihat di mana mereka terakhir kali menggunakan aplikasi yang mengisi Snap Map dan digunakan oleh 250 juta pengguna Snapchat per bulan.

Untuk peluncuran ini, Snapchat bermitra dengan It's On Us, sebuah program nirlaba nasional yang berfokus pada penghentian serangan seksual di kampus. Selain fitur sistem teman, Snapchat juga akan menyertakan pesan dalam aplikasi tentang kesadaran peninjau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement