Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Bella Hadid: Mari Kita Mengingat Pelecehan Muslimah karena Jilbabnya

Sabtu 19 Feb 2022 21:52 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ani Nursalikah

Model AS Bella Hadid. Bella Hadid: Mari Kita Mengingat Perjuangan dan Pelecehan Muslimah karena Jilbabnya

Model AS Bella Hadid. Bella Hadid: Mari Kita Mengingat Perjuangan dan Pelecehan Muslimah karena Jilbabnya

Foto: EPA-EFE / IAN LANGSDON
Bella memberi dukungan bagi perempuan Muslim yang berjuang demi jilbabnya.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Model asal Amerika Serikat (AS) Bella Hadid kembali menggunakan media sosial Instagram untuk berbicara mengenai perempuan Muslim. Pesan yang Bella tulis berisi mengenai dukungan untuk perempuan Muslim.

Perempuan yang memiliki darah Palestina tersebut mengunggah foto wanita Muslimah berwarna-warni yang diambil oleh teman sekaligus fotografer Taqwa Binti Ali. Perempuan berusia 25 tahun ini menyesalkan jilbab yang menjadi perjuangan sehari-hari wanita Muslimah sebagian besar diabaikan.

Baca Juga

Awal bulan ini, Vogue Prancis dikritik setelah memuji aktris Julia Fox karena mengenakan penutup kepala. Seperti diketahui, negara itu melarang jilbab dalam olahraga, kemudian burqa dan niqab juga dilarang.

Hadid yang secara teratur mengunggah kehidupan Palestina di media sosial menulis kata-kata tajam. "Mari kita tetap mengingat perjuangan sehari-hari, pelecehan, dan diskriminasi yang dihadapi perempuan Muslim secara teratur karena iman mereka dan apa yang mereka perjuangkan. Saya telah melihat secara langsung diskriminasi yang dihadapi orang kulit berwarna dan Muslim secara teratur dalam mode. Saya tahu banyak saudara perempuan Muslim saya yang telah menghadapi proyeksi yang tidak adil dari orang lain. Itu bias, prasangka, dan jelas rasialis," ujarnya di postingannya seperti dikutip dari laman Huffington Post, Sabtu (19/2/2022).

Hadid mengakui dia tidak dapat berbicara untuk semua wanita Muslim, tetapi menggarisbawahi Islamofobia dalam bidang mode marak. "Jika melihat semakin banyak apresiasi terhadap jilbab dan pakaian tertutup dalam mode, kita juga harus mengakui siklus pelecehan yang dialami oleh wanita Muslim dari semua etnis berbeda dalam mode secara teratur di rumah mode, di Eropa dan Amerika. Bangunlah Anda teman-teman Muslim. Jika kamu melihat pelecehan, katakan sesuatu," katanya.

Ia mengunggah foto menampilkan Muslim dari berbagai etnis mengenakan pakaian berwarna-warni. Dan itulah yang membuatnya begitu istimewa. Hadid memutuskan untuk melakukan pemotretan ini karena dirinya tidak pernah melihat gambar wanita Muslim tersenyum dan berwarna-warni.

"Saya membutuhkan begitu banyak untuk membuat gambar-gambar ini," ujarnya.

"Saya selalu sangat ingin melihat jenis gambar ini dan representasi dari generasi saya, jadi saya tidak ingin menunggu lebih lama untuk itu jatuh dari langit dan membiarkan orang berbicara untuk kita, saya ingin melakukannya sendiri. Oleh kami, untuk kami. Kita pasti bisa melakukan lebih dari ini," katanya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bella 🦋 (@bellahadid)

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA