Sabtu 19 Feb 2022 21:30 WIB

BBM Langka, Warga Irak: Hidup Kita Selalu Menunggu dalam Antrian

Selama seminggu terakhir, antriam panjang terbentuk di SPBU di Irak.

Rep: Rizki Jaramaya/ Red: Agung Sasongko
 Seorang pria mengenakan pakaian tradisional Irak.Selama seminggu terakhir, antriam  panjang terbentuk di pompa bensin di Irak.
Foto: AP/AP
Seorang pria mengenakan pakaian tradisional Irak.Selama seminggu terakhir, antriam panjang terbentuk di pompa bensin di Irak.

IHRAM.CO.ID, BAGHDAD --Selama seminggu terakhir, antriam  panjang terbentuk di pompa bensin di Mosul dan provinsi Nineveh. Anggota militer dikerahkan di beberapa stasiun pengisian bahan bakar untuk mengantisipasi kekerasan dan ketegangan. Antrian tersebut menyulut kemarahan di antara pengendara karena kekurangan bensin.

“Hidup kita selalu menunggu dalam antrean. Itu sudah menjadi rutinitas,” ujar seorang sopir taksi, Abdel Khaliq al-Mousalli, dilansir Alarabiya, Sabtu (19/2).

Baca Juga

Kekurangan bahan bakar kendaraan sering terjadi di Nineveh. Bensin subsidi dijual dengan harga sekitar 500 dinar Irak per liter. Tapi di wilayah otonomi Kurdi, biaya bensin naik dua kali lipat.

Gubernur Nineveh, Nejm al-Jibbouri mengatakan, kekurangan bensin disebabkan oleh penyelundupan. Dia telah menginstruksikan pasukan keamanan untuk memperketat keamanan di pos pemeriksaan, sebagai langkah mencegah penyelundupan bensin.

Wakil kepala badan Irak yang bertanggung jawab mendistribusikan produk minyak, Ihsan Mussa Ghanem, mengatakan, Nineveh menerima lebih dari dua juta liter bensin per hari. Jumlah ini adalah yang tertinggi setelah Baghdad. Ghanem mengatakan, ada aliran bahan bakar dari daerah yang lebih murah, di provinsi Nineveh, ke daerah yang lebih mahal, di Kurdistan.

"Harga minyak di Kurdistan 40 persen lebih tinggi daripada di provinsi lain dan itu telah menekan Nineveh, dengan banyak penduduk Kurdistan datang ke sini untuk mengisi,” kata Ghanem.

Irak adalah produsen minyak terbesar kedua di antara anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak. Irak mengekspor hampir 3,5 juta barel per hari dan menyumbang lebih dari 90 persen pendapatan negara. Rizky Jaramaya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement