Sabtu 19 Feb 2022 17:32 WIB

Ridwan Kamil Resmikan Wajah Baru Situ Wangi Ciamis

Situ Wangi diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan domestik.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Ani Nursalikah
Suasana objek wisata Situ Wangi yang hampir rampung direvitalisasi di Desa Winduraja, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (10/1/2022). Pemerintah Provinsi Jawa Barat merevitalisasi kawasan Situ Wangi menjadi destinasi wisata multifungsi atau ekowisata untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan. Ridwan Kamil Resmikan Wajah Baru Situ Wangi Ciamis
Foto: Antara/Adeng Bustami
Suasana objek wisata Situ Wangi yang hampir rampung direvitalisasi di Desa Winduraja, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (10/1/2022). Pemerintah Provinsi Jawa Barat merevitalisasi kawasan Situ Wangi menjadi destinasi wisata multifungsi atau ekowisata untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan. Ridwan Kamil Resmikan Wajah Baru Situ Wangi Ciamis

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan wajah baru Situ Wangi di Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, usai direvitalisasi, Sabtu (19/2/2022). Revitalisasi Situ Wangi merupakan salah satu janji politik Ridwan Kamil kepada masyarakat Kabupaten Ciamis saat kampanye pemilihan gubernur (pilgub) Jabar. 

"Di tempat istimewa ini, saya pernah datang saat awal pilgub. Aspirasi dari warga Ciamis saya dengarkan. Hari ini bukti itu bisa dilihat," kata dia usai meresmikan Situ Wangi, Sabtu.

Baca Juga

Emil --sapaan akrab Ridwan Kamil-- mengatakan, di Jabar terdapat banyak situ. Menurut dia, situ-situ itu harus memiliki fungsi sosial, selain fungsi ekologis. Fungsi sosial yang dimaksud adalah meningkatkan kebahagiaan, ekonomi, khususnya pariwisata, masyarakat di sekitar wilayah situ tanpa menghilangkan fungsi ekologisnya sebagai sumber mata air, saluran irigasi, dan lainnya.

Karena itu, diperlukan penataan yang lebih baik agar situ itu dapat membawa dampak sosial kepada masyarakat sekitar. Ia mencontohkan, dalam merevitalisasi Situ Wangi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar menggelontorkan anggaran sekitar Rp 11 miliar. Saat ini, di tempat itu terdapat belasan gazebo, wedding garden, ruang pertunjukan, menara pandang, jalur pedestrian, dan toilet.  

Emil menilai, saat ini warga terlihat lebih bahagia menikmati suasana di Situ Wangi. Ia menambahkan akan terus menambah fasilitas di Situ Wangi. 

photo
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) menaiki perahu karet didampingi Bupati Ciamis Herdiat Sunarya (ketiga kanan) saat meresmikan Wisata Situ Wangi di Desa Winduraja, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (19/2/2022). Ridwan Kamil meresmikan wisata Situ Wangi setelah direvitalisasi dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp11 miliar yang dijadikan destinasi wisata multifungsi atau ekowisata untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan di Jawa Barat. - (Antara/Adeng Bustami)

"Dalam perkembangannya nanti ditambahi, Pak Bupati juga akan menata ulang manajemen, agar jangan ada komplain wisatawan. Di Ciamis harus zero complain. Saya doakan ini jadi destinasi wisata situ terbaik di Ciamis," ujar dia.

Emil mengatakan, selama menjabat sebagai Gubernur Jabar, ia telah meresmikan enam situ. Selain itu, ia juga mengaku telah meresmikan lebih dari 12 alun-alun di Jabar. Rencananya, pada Ahad (20/2/2022), Emil juga akan secara langsung meresmikan alun-alun di Kabupaten Pangandaran.

"Jadi semua bisa melihat perubahan fisik untuk kemajuan Jawa Barat," kata dia.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya berterima kasih kepada Emil yang telah merevitalisasi Situ Wangi. Menurut dia, masyarakat di Ciamis sudah sangat menantikan untuk dapat menikmati wajah baru Situ Wangi.

"Situ Wangi ini salah satu sumber mata pencarian masyarakat. Situ ini tidak pernah surut meski musim kemarau. Dengan tampilan sekarang, saya yakin ini dapat menarik kunjungan wisatawan domestik," ujar dia.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement