Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

7 Makanan Ini Bisa Buat Tubuh Lebih Muda dan Kuat

Jumat 18 Feb 2022 20:18 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Pemilihan makanan yang tepat bisa membuat tubuh lebih muda dan sehat.

Pemilihan makanan yang tepat bisa membuat tubuh lebih muda dan sehat.

Foto: Pixabay
Pemilihan makanan yang tepat bisa membuat tubuh lebih muda dan sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pola makan memiliki peran penting bagi kesehatan secara umum. Pemilihan makanan yang tepat dapat membuat seseorang terlihat dan merasa lebih sehat, muda, dan juga bersemangat.

Beberapa ahli gizi memberikan rekomendasi makanan yang dapat membuat tubuh tampak dan terasa lebih muda dan kuat. Berikut ini adalah 10 rekomendasi makanan di antaranya, seperti dilansir New York Post, Jumat (18/2/2022).

Baca Juga

 

Kentang

Menurut Landau, kentang yang dimasak kemudian dibiarkan mendingin akan memicu terbentuknya pati resisten. Pati resisten merupakan sejenis serat yang kuat dalam mencegah penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup di usia lanjut.

Di dalam tubuh, serat resisten akan difermentasikan oleh bakteri baik di usus. Proses fermentasi ini akan melepaskan produk sampingan yang bisa memperbaiki respons insulin tubuh.

"Yang membantu mencegah tersimpannya lemak di sekitar perut," lanjut Landau.

Lemak perut berkaitan erat dengan diabetes dan risiko penyakit jantung. Kedua penyakit ini diketahui bisa memicu penuaan yang lebih cepat.

 

Bluberi

Ada kandungan flavonoid yang tinggi di dalam bluberi. Flavonoid merupakan polifenol antiinflamasi yang dapat melawan kerusakan DNA dan memperlambat kerusakan sel otak terkait proses penuaan.

Vitamin C yang tinggi di dalam bluberi juga berfungsi sebagai prekursor untuk produksi kolagen di dalam tubuh. Vitamin C yang didapatkan dari buah ini juga lebih efektif dalam menjaga kolagen dibandingkan suplementasi.

 

Delima

Buah delima dikenal kaya akan vitamin C dan beragam antioksidan lain seperti flavonoid dan antosianin. Kandungan-kandungan ini akan membantu sel-sel tubuh melawan kerusakan oksidatif dan stres yang merupakan bagian alami dari penuaan.

"Biji, kulit, dan sari delima juga mengandung fitokimia antipenuaan kuat yang dikenal sebagai punicalagin," pungkas Ivanir.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA