Sabtu 19 Feb 2022 00:31 WIB

BNPB Imbau Warga Jawa Barat Siaga Bencana Gempa Susulan

Wilayah Jawa Barat diguncang dua kali gempa pada Jumat

Red: Nur Aini
Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta warga Jawa Barat mewaspadai gempa susulan dan siaga terhadap potensi bencana yang ditimbulkan, setelah dua kali diguncang gempa pada Jumat dini hari (18/2/2022).

"Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya gempa. Pengetahuan mengenai lokasi titik kumpul terdekat juga harus tersampaikan ke seluruh lapisan masyarakat untuk meminimalisir ancaman bahaya gempa bumi," ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca Juga

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi di dua titik berbeda. Warga Jawa Barat merasakan guncangan gempa pertama di wilayah Garut dengan magnitudo (M) 2,7 pukul 01.30 WIB, dengan pusat gempa berada pada 30 km barat daya Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, dengan kedalaman 2 km. Kemudian gempa kedua terjadi di wilayah Pangandaran dengan M 5,3 pukul 02.50 WIB, dengan pusat gempa berada pada 249 km barat daya Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, dengan kedalaman 10 km.

"Berdasarkan pemodelannya, kedua gempa tersebut tidak memicu terjadinya tsunami. Namun demikian, para warga diminta tetap waspada terhadap potensi gempa susulan," ujar Abdul.

Hingga kini Abdul melaporkan Pusdalops BNPB masih memantau dan melakukan koordinasi dengan BPBD setempat guna mendapatkan informasi terkini dilokasi kejadian.

Baca:

Subvarian BA.2 Lebih Menular, Mungkinkah Kasus Reinfeksi Kembali Terjadi?

Madu Manuka Banyak Dipalsukan, Bagaimana Cara Mengenali yang Asli?

Keluarga Donald Trump Diperiksa Pengadilan New York

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement