Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Kajian Sirah Nabawiyah, Mengenal Lebih Dekat Rassulullah

Info Terkini | Friday, 18 Feb 2022, 11:23 WIB

Kamis sore (10/2) , Mahasiswa Institut Daarul Quran Jakarta mengikuti kajian Sirah Nabawiyah bersama Zikran Amnar, Lc. M.A. yang rutin dilakukan setiap hari Kamis mulai Pukul 16.00-17.00 WIB. Sirah nabawiyah sendiri merupakan salah satu mukjizat dan tanda kenabian Muhammad Shalallaahu 'Alayhi Wasallam.

Ibn Hazm rahimahullah berkata, “Bagi yang mengkaji dengan seksama Sirah nabi Muhammad Shalallaahu 'Alayhi Wasallam yang agung ini akan membenarkan dan mempersaksikan bahwa beliau adalah benar-benar Rasul Allah. Andaikan beliau tidak memiliki mu’jizat selain sirahnya, maka sudah cukup. (Al-Fashlu fil Milal wan Nihal,2/190).

Belajar Sirah Nabawiyah merupakan kenikmatan ruhiyah dan gizi bagi hati yang suci.Belajar sirah dapat menumbuhkan dan meningkatkan kecintaan kepada Nabi dan para sahabat. Karena seolah-olah mereka hadir di tengah-tengah kita dan kita berada di tengah-tengah mereka. Kita bahagia dengan kebahagiaan bersama bahagia mereka, menangis bersama tangisan mereka, dan bahagia atas kemenangan mereka.

Tidak dapat dipungkiri, kebersamaan yang lama suka dan duka termasuk faktor penguat ikatan cinta dan persaudaraan. Inilah berkahnya belajar sirah nabawiyah yang mulia. Ia termasuk salah satu simpul iman. Dimana tidak akan sempurna iman seorang hamba dia mencintai Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam melebihi cintanya pada orang tuanya, anaknya, dan seluruh manusia.

Sebagaimana kita menyukai film dan merasa semakin penasaran dengan kelanjutannya. Sudah seharusnya kita juga semangat dalam mempelajari sirah Nabawi yang sudah jelas suri tauladan kita.

"Ada sebuah hadis yang menyebutkan dari cucunya Nabi “dulu kami diajarkan Sejarah sebagaimana kami diajarkan surah Al-Quran," jelas Zikran ketika kajian berlangsung.

Mengisahkan kisah orang-orang sholeh dapat menambah semangat taat ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Apalagi mengisahkan makhluk teragung Rasulullah Shalallaahu 'Alayhi Wasallam. Begitu pentingnya mengajarkan Sejarah Islam kepada generasi muda agar mereka mengetahui ada kisah yang nyata bukan khayalan yang membuktikan kejayaan islam dan tugas generasi muda untuk semangat meneruskan perjuangan untuk kebangkitan islam.

Alfina Dewi, salah satu mahasiswa yang mengikuti kajian berpendapat bahwa Sirah Nabawi bagus untuk dipelajari. "Kita bisa mengetahui lebih banyak lagi sejarah islam walaupun terkadang kita sudah pernah dengar kisah sejarah nya dan itu juga buat kita lebih mengingat kisah sejarah yang sudah diceritakan serta banyak belajar dari pengalaman peristiwa sejarah tersebut," ucapnya.

Oleh : Adillah Zahra

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image