Sabtu 19 Feb 2022 17:31 WIB

Perkenalkan RUU Terbaru, Senator AS: Untuk Kurangi Risiko UU BTC El Salvador

Sekelompok senator bipartisan memperkenalkan UU di Senat AS untuk mengurangi risiko akibat adopsi Bitcoin (BTC) El Salvador sebagai mata uang legal.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Logo bitcoin berada di atas sebuah buku. (Unsplash/André François McKenzie)
Logo bitcoin berada di atas sebuah buku. (Unsplash/André François McKenzie)

Sekelompok senator bipartisan memperkenalkan undang-undang di Senat Amerika Serikat guna berupaya mengurangi risiko yang dirasakan akibat adopsi Bitcoin (BTC) El Salvador sebagai mata uang legal.

Melansir dari Cointelegraph, Jumat (18/02), usulan Akuntabilitas untuk Cryptocurrency di El Salvador Act (ACES) bertujuan untuk "mengurangi potensi risiko terhadap sistem keuangan AS" seperti pencucian uang dan pendanaan terorisme. RUU tersebut diperkenalkan oleh senator James Risch dan Bill Cassidy dengan penandatanganan Bob Menendez.

Baca Juga: Marak Token Artis, Sribuu dan Lagi Cuan Berikan Masyarakat Edukasi Seputar Investasi Kripto

Senator Risch menulis dalam pengumuman hari Rabu lalu:

"Adopsi Bitcoin di El Salvador sebagai alat pembayaran yang sah menimbulkan kekhawatiran yang signifikan tentang stabilitas ekonomi dan integritas keuangan dari mitra dagang AS yang rentan di Amerika Tengah."

Senator Cassidy menulis, "Mengakui Bitcoin sebagai mata uang resmi membuka pintu bagi kartel pencucian uang dan merusak kepentingan AS."

Jika lolos, RUU itu akan memberi agen federal 60 hari untuk menyerahkan laporan yang menilai beberapa aspek kemampuan negara Amerika Tengah mengenai keamanan siber dan stabilitas keuangan.

Bagian pertama dari laporan ini akan menilai bagaimana El Salvador mengembangkan dan memberlakukan Undang-Undang Bitcoin, bagaimana El Salvador akan mengurangi risiko integritas keuangan dan keamanan siber dari aset digital, apakah memenuhi persyaratan Gugus Tugas Aksi Keuangan, dampaknya terhadap individu dan bisnis, dan efek kripto terhadap ekonominya.

Bagian selanjutnya dari laporan tersebut akan menjelaskan infrastruktur internet El Salvador dan menilai sejauh mana cryptocurrency digunakan di sana, penyimpanan dana, potensi peretasan, dan tingkat akses keuangan yang dinikmati oleh orang-orang Salvador yang kurang mampu atau tidak memiliki rekening bank.

Menyusul penerbitan laporan tersebut, RUU tersebut akan menetapkan rencana aksi dari berbagai instansi berdasarkan temuan.

Presiden Salvador Nayib Bukele bereaksi terhadap campur tangan yang dirasakan di negaranya, ia membuat cuitan, "Anda memiliki 0 yurisdiksi di negara yang berdaulat dan merdeka. Kami bukan koloni Anda, halaman belakang Anda, atau halaman depan Anda."

Pemerintah El Salvador mengesahkan Undang-Undang Bitcoin pada Juni 2021, menjadikan Bitcoin sebagai mata uang legal di negara tersebut dan, selanjutnya, memaksa bisnis untuk menerimanya sebagai alat pembayaran.

Undang-undang tersebut telah melihat beberapa tentangan dari anggota parlemen domestik dan Dana Moneter Internasional yang telah mendesak Presiden Bukele untuk mencabut Undang-undang Bitcoin berkali-kali, terakhir pada 25 Januari. Tentu saja, telah dipuji oleh para pendukung kripto terbesar di dunia termasuk oleh kapitalisasi pasar.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement