Sabtu 19 Feb 2022 12:29 WIB

Kurangi Emisi Pembakaran Gas, Raksasa Minyak ConocoPhillips Manfaatkan Penambangan BTC

ConocoPhillips ikut ke dalam ekosistem penambangan Bitcoin (BTC) sebagai cara untuk menghilangkan praktik pembakaran yang boros.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Logo bitcoin di dalam genggaman tangan. (Unsplash/André François McKenzie)
Logo bitcoin di dalam genggaman tangan. (Unsplash/André François McKenzie)

Raksasa minyak dan gas internasional ConocoPhillips akhirnya ikut ke dalam ekosistem penambangan Bitcoin (BTC) sebagai cara untuk menghilangkan praktik pembakaran yang boros.

Menurut sebuah laporan dari CNBC, Jumat (18/02), perusahaan saat ini mengoperasikan skema percontohan di wilayah kaya minyak Bakken, North Dakota. Alih-alih membakar kelebihan gas, produk sampingan dari pengeboran minyak yang dikenal sebagai pembakaran, perusahaan menjualnya kepada penambang Bitcoin pihak ketiga untuk digunakan sebagai bahan bakar.

Baca Juga: Wamendag Jerry Sambuaga: Daripada Larang Crypto, OJK Lebih Baik Fokus Tertibkan Pinjol

Berbicara tentang dampak lingkungan dari pembakaran rutin, seorang perwakilan dari perusahaan menyatakan bahwa keputusan untuk pindah ke penambangan Bitcoin mencerminkan tujuan menyeluruh perusahaan untuk mengurangi limbah dan pada akhirnya menghilangkan pembakaran rutin sesegera mungkin, paling lambat 2030.

Dalam slide dari presentasi ConocoPhillips 2021, perusahaan menyatakan bahwa mereka memiliki fokus berkelanjutan untuk memastikan bahwa proyek penangkapan gas mencapai nol pembakaran rutin pada tahun 2025. Penambangan Bitcoin menawarkan solusi unik dan menguntungkan untuk masalah pembakaran rutin, yang terjadi ketika perusahaan pertambangan secara tidak sengaja memukul formasi gas alam saat mengebor minyak.

Sementara minyak dapat disedot dan dikumpulkan di lokasi mana pun, pemanenan gas alam membutuhkan infrastruktur pipa. Jika penambang menyerang gas pada jarak yang signifikan dari pipa, perusahaan dipaksa untuk membakar atau menyalakan gas yang pada akhirnya merupakan prosedur yang tidak menguntungkan dan berbahaya bagi lingkungan.

Alih-alih membiarkan gas terbuang sia-sia, penambang Bitcoin menempatkan kontainer pengiriman atau trailer yang diisi dengan peralatan penambangan kripto di dekat sumur minyak dan mengalihkan gas ke generator yang memberi daya pada peralatan. ConocoPhillips tidak mengungkapkan penambang Bitcoin mana yang telah dijualnya, atau berapa lama percobaan awal telah berlangsung.

Penjelajah minyak dan gas lain yang berbasis di AS, Crusoe Energy, juga telah mengambil keuntungan dari penambangan Bitcoin sebagai cara untuk mengurangi emisi secara menguntungkan dengan sekitar 60 pusat data dan unit penambangan Bitcoin didukung oleh gas alam yang dialihkan di ladang minyak mereka. Menurut sebuah laporan dari media Argus, teknologi Crusoe Energy menurunkan emisi setara CO2 sebanyak 63% jika dibandingkan dengan pembakaran rutin biasa.

Menanggapi kritik yang beredar luas terhadap penambangan Bitcoin yang biasanya muncul dari masalah lingkungan, para penambang menjadi makin peduli dengan menemukan cara baru untuk memanfaatkan metode energi berlebih yang berkelanjutan.

Melansir dari Cointelegraph, Dewan Penambangan Bitcoin memperkirakan bauran energi berkelanjutan sebesar 58,5% untuk industri global pada kuartal keempat 2021. Penambang di Norwegia bahkan menggunakan limbah panas untuk mengeringkan kayu.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement