Jumat 18 Feb 2022 12:41 WIB

5 Jurus untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat kekebalan tubuh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Reiny Dwinanda
Menyiapkan makanan sehat (ilustrasi). Untuk memperkuat kekebalan tubuh, perbanyak asupan sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
Foto: Republika/Musiron
Menyiapkan makanan sehat (ilustrasi). Untuk memperkuat kekebalan tubuh, perbanyak asupan sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus Covid-19 masih terus berfluktuasi. Ada kalanya, orang yang positif Covid-19 berkeliaran tanpa terdeteksi status penyakitnya. Apa yang bisa kita lakukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh?

"Kita tahu bahwa diet sehat, aktivitas fisik, manajemen stres, dan tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat," kata pakar kebugaran dan gizi Co Founder Food Darzee, dr Siddhant Bhargava, dikutip dari Indian Express pada Jumat (18/2/2022).

Baca Juga

Dr Bhargava menjelaskan, pola makan yang sehat dan seimbang mempengaruhi perasaan dan juga fungsi tubuh secara langsung. Dalam menghadapi tantangan kesehatan saat ini, kiat-kiat ini akan membantu melindungi Anda dan orang yang Anda cintai dalam perjuangan untuk tetap bebas Covid-19.

Berikut ini adalah kebiasaan makan dan pola hidup sehat yang dapat memandu Anda melewati masa-masa sulit ini:

1. Mengonsumsi berbagai buah dan sayuran

Pilih berbagai buah dan sayuran yang menawarkan banyak vitamin, mineral, dan serat. Anda juga dapat menggunakannya untuk menyiapkan sejumlah besar sup, semur, atau hidangan lainnya sesuai preferensi dan selera.

2. Makan kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan lemak sehat mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi peradangan. Terkenal sebagai sumber protein yang murah, kacang-kacangan penuh dengan vitamin dan mineral yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit, seperti diabetes dan gangguan koroner. Tingkatkan asupan zaitun, wijen, kacang tanah, dan minyak tak jenuh lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement