Jumat 18 Feb 2022 10:39 WIB

Warga Tangsel Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

BMKG mengidentifikasi potensi curah hujan tinggi dalam periode sepekan.

Rep: Eva Rianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Hujan lebat (ilustrasi)
Foto: AP/Rodrigo Abd
Hujan lebat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem yang terjadi di Indonesia, termasuk Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam beberapa hari ke depan. Masyarakat diminta untuk mewaspadai potensi kondisi cuaca ekstrem tersebut.

Dalam keterangan resmi, BMKG mengidentifikasi adanya potensi curah hujan tinggi dalam periode sepekan, yakni 17 Februari hingga 23 Februari 2022. Hal itu berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini.

Baca Juga

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Tangsel Yanuar Henry Pribadi menuturkan, kondisi curah hujan di Tangsel saat ini masuk dalam kategori menengah. Yakni dengan angka probabilistik antara 100 hingga 150 milimeter (mm) per sepuluh harian.

“Periode 11 Februari hingga 20 Februari 2022 hujan diperkirakan kategori menengah. Tetapi mulai menurun menjadi antara 50—75 mm per sepuluh harian,” kata Yanuar dalam keterangannya.

Dengan adanya prediksi potensi curah hujan berintensitas tinggi disertai angin kencang, masyarakat Kota Tangsel diminta untuk mewaspadainya. “Perlu waspada khusus Tangsel hingga 20 Februari. Karena mulai periode 21 Februari hingga akhir bulan mulai berangsur-angsur menurun curah hujannya,” ungkapnya. Eva Rianti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement