Kamis 17 Feb 2022 19:49 WIB

MPV Premium Ini Lebih Canggih dari Pendahulunya, Ini Kelebihannya

Agar lebih nyaman, All New Voxy kini telah dilengkapi dengan teknologi TNGA

All New Voxy kini tampil lebih canggih setelah disematkannya sejumlah fitur canggih bagi kenyamanan dan keamanan berkendara.
Foto: PT TAM
All New Voxy kini tampil lebih canggih setelah disematkannya sejumlah fitur canggih bagi kenyamanan dan keamanan berkendara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Seolah tak mau kalah dengan pasar sport utility vehicle yang sedang naik daun, pasar kelas multipurpose vehicle (MPV) terus bersolek diri. Berbekal teknologi canggih didalamnya yang dibalut dengan disain masa kini, pasar MPV terus berupaya hadir memanjakan konsumennya.

Hal itu tampak pada tampilan All New Voxy yang kini telah dibekali dengan platform baru yaitu Toyota New Global Architecture (TNGA). Teknologi ini didisain untuk dapat meningkatkan kenyamanan dan performa dasar dari sebuah kendaraan.

Baca Juga

Berbekal platform TNGA, desain keseluruhan All New Voxy dapat dibuat menjadi lebih aerodinamis. Sehingga tidak hanya akan menghasilkan kenyamanan berkendara yang lebih baik dengan visibiltas lebih luas berkat desain pillar A yang ramping, namun juga efisisiensi bahan bakar dan kedap suara di dalam kabin yang lebih baik. "Sambutan Voxy cukup positif sejak diperkenalkan pertama kali 2017 lalu, " kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, saat peluncuran virtual All New Voxy, Kamis (17/2).

Membidik target pasar yang sudah mapan diatas usia 40 tahun atau mereka yang gemar dengan teknologi canggih otomotif, MPV premium ini dibanrol dikisaran Rp 558,2 juta on the road Jakarta."Sudah bisa dipesan mulai hari ini," kata Anton. 

Selain hadir dengan platform baru, All New Voxy juga dilengkapi dengan mesin TNGA baru. All New Voxy menggunakan mesin berkode M20A-FKS, yang menjadikannya sebagai model Toyota kedua di Indonesia yang memanfaatkan teknologi Dynamic Force Engine, yang juga digunakan oleh mesin All New Camry berkode F25A-FKS.

Bermodal dapur pacu sebesar 1.986 cc, 4 silinder, 16 Valve DOHC, All New Voxy menjanjikan performa lebih baik di segala aspek. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih tinggi, dimana kini daya maksimumnya sebesar 170 PS pada 6.600 rpm atau naik 11,8  dari sebelumnya 152 PS, dan torsi maksimumnya sebesar 20,6 Kgm pada 4.900 rpm atau naik 4,6 persen dari sebelumnya 19,7 Kgm. "Kami memakai mesin baru karena tuntutan efisiensi dan ramah lingkungan, emisi gas harus rendah, jadi ini waktu yang tepat," kata Anton

Lebih lanjut, tenaga dan torsi yang cukup besar ini disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT yang halus dan responsif. Sehingga, meski lebih bertenaga, mesin TNGA pada All New Voxy menjadi lebih efisien, di mana fuel efficiency-nya berada di level 15 kilometer/liter. Dengan platform dan mesin baru TNGA 2.0, All New Voxy menjanjikan pengalaman bermobilitas yang lebih nyaman dan effortless.

Mengusung tema Energetic dan Bold, tampilan luar All New Voxy begitu futuristis dan agresif namun tetap membawa kesan premium. Dari depan, desain All New Voxy terlihat lebih edgy yang terpancar dari New Resilient Front Bumper & Intriguing Grille Design, sebuah desain bumper dan grille yang unik dan dikelilingi oleh bingkai chrome dan New Bold Headlamp Design yang berbaur secara seamless dengan bagian atas grille.

Dari sisi samping, All New Voxy terlihat semakin elegan berkat adanya New Stunning 17” Disc Wheel yang menyerupai desain turbin pesawat dan dibalut kombinasi chrome dengan warna abu-abu. Sementara pada sisi belakang eksterior All New Voxy, New Stylish Rear Combination Lamp yang membentang dari kiri ke kanan semakin memperkuat karakter All New Voxy yang modern dan stylish.

All New Voxy memiliki dimensi dengan panjang 4.695 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.855 mm yang membuat kabinnya menjadi luas dan lapang. Sebagai Boxy MPV, atap persegi tanpa lekukan memberikan ekstra ruang seperti saat berada di  atrium. Ditambah dengan pemanfaatan platform TNGA dan didukung wheelbase sepanjang 2.850 mm, lantai All New Voxy dapat dibuat rendah dan rata sehingga memudahkan akses keluar-masuk, pergerakan di dalam kabin, dan meningkatkan kenyamanan.

Menariknya, kursi pada All New Voxy dapat diatur dengan mudah sesuai kebutuhan. Selain itu, jarak antar penumpang, khususnya di baris ke-2 kini menjadi lebih lega. Bahkan, ketika kursi baris ke-3 di lipat, kursi baris ke-2 dapat dimundurkan jauh ke belakang untuk ruang duduk yang lebih luas, dan juga dapat direbahkan untuk menyatu dengan kursi baris ke-3 sehingga menciptakan layout seperti sofa di rumah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement