Sunday, 7 Rajab 1444 / 29 January 2023

Petani Kebun Gizi Sukses Panen Jagung di Rokan Hulu

Jumat 18 Feb 2022 01:56 WIB

Red: Hiru Muhammad

Fasilitator Rumah Zakat turut mendampingi kegiatan panenjagung Di Kebun Gizi Barokah Desa Sukadamai, Kecamatan Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Kamis (10/2/2022).

Fasilitator Rumah Zakat turut mendampingi kegiatan panenjagung Di Kebun Gizi Barokah Desa Sukadamai, Kecamatan Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Kamis (10/2/2022).

Foto: istimewa
Berkat perawatan yang maksimal, hasil panen kebun gizi kali ini terbilang sukses

REPUBLIKA.CO.ID, ROKAN HULU-- Fasilitator Rumah Zakat turut mendampingi kegiatan panen jagung Di Kebun Gizi Barokah Desa Sukadamai, Kecamatan Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Kamis (10/2/2022). Pasalnya, tepat hari kamis pagi, umur tanaman mencapai 75 HST (Hari Setelah Tanam) dan telah memasuki masa panen.

Proses pemanenan dilakukan oleh Yeni dan Rani yang merupakan penerima manfaat dan juga kader posyandu Desa Sukadamai. Selain Fasilitator, pada kesempatan ini, Metria Eliza, Amd, selaku PPL(Penyuluh Pertanian Lapangan) Desa Sukadamai dari UPT Dinas Pertanian Kabupaten Rokan Hulu juga turut hadir mendampingi proses pamanenan. Koordinasi dan kolaborasi dengan PPL, dijalin guna mendapatkan dukungan dan pendampingan dari Dinas Pertanian Kabupaten Rokan Hulu terhadap para PM kelompok tani maupun pengelola kebun gizi binaan rumah zakat.

Baca Juga

Berkat perawatan yang maksimal, mulai dari mengatur jarak tanam, pemupukan, penyemprotan hama dengan waktu yang tepat dan lainnya, hasil panen kebun gizi kali ini lebih terbilang sukses dan memuaskan. Hasil panen mencapai 342 kg meningkat dari panen sebelumnya 263 kg dengan luas areal 18meter x 22meter persegi.

Hal ini juga didukung dengan harga mencapai Rp. 8.000,- per kilogramnya di pasaran. Kualitas jagung manis madu kali ini pun lebih bagus, terlihat dari ukurannya yang besar. Perbuah jagung rata-rata mencapai berat antara 4 ons - 6 ons/buahnya. Karena itu 1 kg jagung hanya berisi sebanyak 2 sampai 3 buah saja.

Adapun jagung hasil dari kebun gizi ini, diberikan sebagian untuk PMT (Pemberian Makanan Tambahan)bagi balita dan usila di Posyandu Flamboyan Desa Sukadamai, sebagian untuk masyarakat sekitar kebun gizi dan sebagian lainnya di jual/pasarkan untuk kebutuhan/modal penanaman kembali.

Para penerima manfaat mengaku senang dan sangat bersyukur dengan adanya bantuan kebun gizi dari Rumah Zakat dan UPZ Permatabank Syariah. "Terima kasih yang tak terhingga, dan doa sukses selalu untuk Rumah Zakat, bantuan yang diberikan sangat bermanfaat, dapat meningkatkan kesejahteraan para penerima manfaat (PM) dan kesehatan masyarakat Desa Sukadamai," ujar Mesra Dewi selalu ketua Kader Posyandu Flamboyan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA