Kamis 17 Feb 2022 16:59 WIB

Pemuda di Kramat Jati Terkena Peluru Nyasar, Sudah Seminggu tak Sadarkan Diri

Seorang pemuda di Kramat Jati terkena peluru nyasar yang bersarang di usus

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Seorang pemuda di Kramat Jati terkena peluru nyasar yang bersarang di usus. Ilustrasi.
Foto: AP
Seorang pemuda di Kramat Jati terkena peluru nyasar yang bersarang di usus. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Seorang pemuda bernama Fadillah Rafi (19) terkena peluru nyasar saat terjebak di lokasi tawuran di Kramat Jati, Jakarta Timur. Insiden itu terjadi pada Jumat (11/2). Pengacara korban, Rusdianto, mengatakan saat ini kliennya masih belum sadarkan diri dan masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat.

"Ini sudah hampir satu minggu dan korban masih tidak sadarkan diri," kata Rusdianto di Jakarta, Kamis (17/2/2022).

Baca Juga

Rusdianto menambahkan, insiden peluru nyasar itu berawal ketika korban yang sedang mengendarai motor tak bisa melintas karena terhalang tawuran antarwarga. "Dia di sana tidak bisa lewat karena katanya ada tawuran warga, tepatnya di depan Gedung Jasa Marga. Ya tentu dia meminggirkan motornya kan," ujar Rusdianto.

Ketika korban sedang meminggirkan sepeda motornya, tiba-tiba ia terkena tembakan yang mengarah ke perut dan bersarang di usus. Korban langsung dibawa temannya menuju beberapa rumah sakit dan Puskesmas. "Akhirnya masuk ke RSCM. Langsung diambil tindakan, dioperasi mengeluarkan proyektil di dalam tubuhnya," kata Rusdianto.

Korban kemudian membuat laporan ke Mapolda Metro Jaya. Laporan teregistrasi dengan nomor LP/B/748/II/2022/SPKT/Polda Metro Jaya pada 11 Februari 2022. Rusdianto mengatakan korban berasal dari keluarga kurang mampu. Tak hanya itu, korban juga merupakan tulang punggung keluarga.

Terkait asal peluru, Rusdianto menduga berasal dari senjata aparat. "Cuma kami enggak tahu secara detail. Tawurannya gimana? Berapa orangnya? Terus kenapa dia bisa melepaskan peluru itu?" katanya.

"Apakah itu sudah sesuai SOP? Apa bentuk kelalaian? Saya nggak tahu. Informasi yang masuk, itu sifatnya peluru pantulan. Dugaannya itu," ujar Rusdianto.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan membenarkan adanya laporan insiden dugaan peluru nyasar yang mengakibatkan korban mengalami luka tembak. Dia mengatakan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya sedang menyelidiki dan mendalami kasus tersebut. "Masih lidik, ditangani Ditreskrimum," kata Zulpan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement