Kamis 17 Feb 2022 10:49 WIB

Surganya Bitcoin, Ini Kisah Keluarga yang Pindah ke Portugal

Sementara Swiss memegang sorotan karena menjadi yurisdiksi paling ramah kripto di Eropa, Portugal rupanya mengambil langkah yang sama.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
3 buah bitcoin: Surganya Bitcoin, Ini Kisah Keluarga yang Pindah ke Portugal
3 buah bitcoin: Surganya Bitcoin, Ini Kisah Keluarga yang Pindah ke Portugal

Sementara Swiss memegang sorotan karena menjadi yurisdiksi paling ramah kripto di Eropa, Portugal rupanya mengambil langkah yang sama. Memang, republik ini menawarkan lebih dari sekadar peningkatan kualitas hidup bagi pemilik Bitcoin (BTC), termasuk lingkungan fiskal yang menarik dan komunitas Bitcoiner yang berkembang.

Melansir dari Cointelegraph, Kamis (17/02) mereka baru-baru ini mewawancarai Keluarga Bitcoin, yang baru pindah ke Portugal, mengetahui bahwa ada lebih banyak langkah daripada mengejar "300 hari sinar matahari" dan "kopi murah".

Baca Juga: Buat Rekor Lainnya, Tingkat Hash Jaringan Bitcoin Kembali Meledak

Didi Taihuttu, ayah dan suami dari Keluarga Bitcoin, pada tahun 2016 lalu, ia naik melejit ke ketenaran pada komunitas kripto setelah menjual semua harta keluarganya dan pergi all-in pada BTC.

Meskipun persona Taihuttu yang lebih besar dari kehidupan menjadi berita utama, rencana untuk pindah ke Portugal baik di Pantai Bitcoin dan komunitas Bitcoiner pemula menimbulkan Portugal pro-Bitcoin, didukung oleh undang-undang pajak yang ramah kripto dan biaya hidup yang rendah.

Awal yang ramah Bitcoin Portugal dimulai dengan sungguh-sungguh pada enam tahun lalu. Undang-undang 2016 oleh otoritas pajak Portugis memutuskan bahwa karena cryptocurrency tidak dianggap sebagai mata uang, mereka bukan alat pembayaran yang sah di Portugal dan, karenanya, tidak dapat diganggu lagi.

Untuk Taihuttu, komunitas Bitcoin sejak itu menggelembung, dan ada "banyak dari mereka" di kandang Cristiano Ronaldo. Dia mengatakan:

"Saya tahu yang besar (Bitcoiners) sudah tinggal di Portugal. Mereka anonim. Mereka tidak seperti saya di luar sana, tetapi mereka sudah ada di sini. Mereka menghabiskan uang mereka untuk rumah; mereka menghabiskan Bitcoin mereka untuk segala hal."

Adopsi pedagang memang sedang berlangsung misalnya beberapa penduduk Portugis dapat membayar tagihan energi mereka di BTC, sementara startup Spanyol BitBase membawa lebih banyak ATM dan toko Bitcoin ke kota-kota besar. Coinmap menyebutkan sudah ada 57 pedagang dan pengecer di daerah Lisbon yang menerima Bitcoin.

Bisnis khusus BTC juga menelur keluar dari negara Iberia. John Carvalho, CEO Synonym, baru-baru ini pindah ke Portugal, dan Aceita Bitcoin, atau "Accept Bitcoin," sekelompok penggemar BTC nirlaba, menemukan informasi itu.

Tiago Vasconcelos, Bitcoiner di belakang Aceita Bitcoin, terinspirasi oleh eksperimen Pantai Bitcoin El Salvador. Dia mengarahkan pandangannya untuk membuat pembayaran Bitcoin Lightning agar diterima secara luas di tanah airnya.

Dia mengatakan kepada bahwa dia "berharap pedagang mengambil tantangan yang saya kirimkan untuk bereksperimen memiliki Bitcoin sebagai opsi pembayaran untuk musim panas," menambahkan bahwa Portugal "sangat ramah" terhadap Bitcoin. Vasconcelos menjelaskan:

"Portugal tidak mengenakan pajak kripto, dan ini mungkin waktu terbaik, terutama bagi orang-orang, untuk mulai mengetahui dan berinteraksi dengan teknologi dan terkena rekening tabungan terbaik yang pernah mereka miliki."

Taihuttu bercanda dalam wawancaranya mengatakan bahwa ada peluang bagi Bitcoin untuk menjadi tender legal di Portugal. "Ini sudah jadi uang di El Salvador, mungkin segera di Honduras, dan Anda tahu, mudah-mudahan, segera di Portugal karena saya pikir Portugal memiliki semua bahan."

Sementara tender hukum mungkin jauh, Asosiasi Blockchain Portugis baru-baru ini menyatakan bahwa regulasi aset kripto itu penting, tetapi seharusnya tidak "mengebiri" evolusi. Matt Koller, salah satu pendiri perusahaan Swiss Pocket Bitcoin, menjelaskan lanskap peraturan yang berkembang.

Koller menjelaskan bahwa sikap menguntungkan Portugal pada keuntungan modal Bitcoin "tidak mungkin berubah segera". Dalam pandangannya, "hasil pemilihan legislatif pada Januari 2022 menunjukkan bahwa kemungkinan besar tidak akan berubah untuk saat ini".

Dia berbagi mengapa banyak Bitcoiners telah memilih tempat baru untuk menjadikannya rumah:

"Selain memiliki kerangka hukum yang menguntungkan bagi mereka yang tertarik dengan uang internet ajaib, 300 hari sinar matahari, orang-orang dan budaya Portugis yang indah serta masakan yang luar biasa tentu juga memainkan peran mereka."

Plus, mengingat "zona bebas" Portugal untuk pengembangan teknologi, Cointelegraph melaporkan bahwa Portugal secara efektif menggandakan posisi ramah kripto pada tahun 2021. Negara ini secara aktif memfasilitasi kegiatan penelitian untuk perusahaan blockchain dan kripto.

Bagi Taihuttu, pindah ke Portugal adalah no-brainer. "Portugal harus menjadi surga baru bagi Bitcoiners," ia mengungkapkan dalam wawancaranya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement