Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

Peta Park, Menyuguhkan Beragam Pepohonan dan Segala Keindahannya

Wisata | Wednesday, 16 Feb 2022, 13:50 WIB

Bandung selalu menyimpan sesuatu yang bisa dinikmati oleh siapapun yang mengunjunginyua. Keindahan yang tersimpan di kota ini tak habis-habisnya untuk selalu dinikmati. Kali ini tempat yang pantas untuk dikunjungi dalah Peta Park. Nama ini diambil karena lokasinya berada di jalan Peta Kota Bandung. Memang selintas tak terlhat seperti ada sebuah areal wisata karena diapit beberapa bangunan di sepanjang jalan tersebut. Namun begitu di jalan Peta ini terdapat dua tempat lain yang sayang kalau dilewatkan yaitu Pasar Burung Sukahaji dan Pedepokan Seni Mayang Sunda.

Bonsai-bonsai yang sengaja disimpan untuk menambah keindahan taman yang satu ini. (FOTO : DEFFY RUSPIYANDY)

Memang menjangkaunya dari arah barat lebih mudah karena bus-bus dari arah Jakarta persis melewati jalan ini menuju Terminal Leuwi Panjang. Berbeda yang datang dari kawasan Timur harus terlebih dulu menggunakan angkutan kota warna kuning jurusan Cibaduyut Karang Setra dari terminal tersebut dengan ongkos tiga ribu rupiah. Tetapi masuk kawasan ini mesti berbayar Rp 15.000/orang dan diberi sebotol air mineral untuk pelepas dahaga karena untuk menikmati keindahannya haruslah dengan cara jalan kaki karena pada setiap sudut menyimpan keindahan dengan corak berbeda. Pokoknya kamu dijami puas deh.

Pada areal masuk pengunjung memang baru melihat areal parkir yang tersedia dan juga berdiri sebuah kafe/foodcourt bagi mereka yang ingin menikmati makanan dan minuman di sana sebelum berkeliling di Peta Park. Setelah melewati pintu masuk. Jangan heran kita terlebih dahulu malah disuguhi dengan lapangan berumput yang luas dan gedung yang terbilang unik. Ternyata tempat ini bisa digunakan untuk menggelar resepsi pernikahan baik secara indoor dan juga outdoor dan tentunya ada biaya sewa untuk hal ini. Kalau mau reesepsi di sini harus jauh-jauh hari memesannya dan kayaknya di masa pandemi ini tak disewakan untk resepsi dulu.

Gedung multifungsi yang berada di kawasan ini. (FOTO : DEFFY RUSPIYANDY)

Kalau bawa anak sih biar saja dulu dia puas berlari-lari di lapangan itu. Kalau mau memulai petualangan di tempat ini ambillah bagian atas terlebih dahulu dengan tangga yang telah disediakan. Maka tak perlu heran ketika sampai di atas maka kamu akan menikmati berbagai bonsai yang ada di sana. Banyak sekali pohon-pohon bonsai di lokasi ini. Bagi yang mau selfie sendriian atau berfoto ria dengan teman-temannya asyik juga. Tetapi misalnya mau santai juga ada baiknya keran disediakan pula kursi unjtuk duduk di tempat ini. Di sini justeru bisa melihat keindahan yang ada di bawah serta bisa melihat suasana sebagian kota Bandung yang dihiasi dengan gedung-gedung pencakar kangit. Di sini akan lebih asyik jika berada di sore hari karena bisa melihat langsung sunset apalagi bersama orang yang dicintai.

Kalau puas tinggal turun saja dan akan menemukan tempat khusus yang disediakan bagi anak-anak karena ada gelantungan dan arena permainan lain. Baru setelah itu maka akan melintasi dan masuk ke areal yang banyak beragam pohonnya tertanam di sana. Di sinilah keindahan lain mulai terlihat. Pohon-pohon yang ada di sini asyik terlihat dengan beragam jenis yang tertata rapi dan memanjakan mata yang memandangnya. Ada sedikit sansi yang dirasakan karena kamu sekalian akan melewati sebuah taman yang penuh dengan pepohonan. Areal ini dihiasi semacam jembatan dengan air terjun mini sehingga cukup membuat betah berlama-lama di sini.

Pada taman ini juga banyak orang yang menggunakannya untuk lokasi pemotretan prewedding dan juga untuk kepentingan foto kelas berbagai sekolah. Bukan saja taman yang indah tetapi di tempat ini dilengkapi juga kolam yang diisi dengan ikan-ikan yang berwarna-warni dan jika diam sejenak di tempat itu maka hati bakalan adem. Kolam seperti aliran sungai ini begitu terawat karena ada orang-orang yang merawatnya dan selalu mengambil daun-daun yang berjatuhan ke kolam itu. Karena ikan-ikan yang ada di sana selalu terjaga kehidupannya. Kolam ini sendiri menjadi bagian yang menjadi daya tarik orang-orang yang berkunjung ke sini. Memang begitulah kenyataannya.

Dua orang sedang menikmati kolam ikan. (FOTO : DEFFY RUSPIYANDY)

Ya mungkin jika terpikir untuk ke Kota Bandung, maka tak berlebihan jika kamu rencanakan untuk datang ke tempat ini tahun 2022 ini dan mungkin pada hari libur lainnya yang semoga saja keadaannya lebih kondusif. Ingat ya, sekali lagi namanya Peta Park, jangan sampai lupa. Nah kalau ke Bandung janagan lupa juga ajak penulis jalan-jalan biar kamu puas menikmati Kota Bandung dan segala keindahannya.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image