Kamis 17 Feb 2022 09:16 WIB

Ahli Tidur Ungkap Cara Tidur Nyenyak Kurang dari Lima Menit

Ahli tidur menyebut dengan sedikit perubahan, tidur Anda bisa lebih mudah.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Cara mudah tidur nyenyak kurang dari lima menit menurut ahli tidur. (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Cara mudah tidur nyenyak kurang dari lima menit menurut ahli tidur. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Banyak orang di Inggris berjuang untuk tidur pada malam hari. Padahal, bagi orang yang aktif, tetap perlu bangun pagi-pagi keesokan harinya.

Sulit tidur atau insomnia kemungkinan bisa memperburuk masalah, tetapi untungnya seorang ahli tidur telah membagikan teknik yang akan membantu tertidur hanya dalam waktu kurang dari lima menit.

Baca Juga

Ahli tidur dari layanan Everynight.com, Rosie Osmun, menjelaskan dengan hanya dengan membuat sedikit perubahan pada jadwal tidur dapat membantu tertidur lebih mudah. Jika tidak bisa tidur, hal terburuk yang dapat dilakukan adalah melihat jam. 

Terobsesi dengan waktu yang tersisa sampai harus bangun pada akhirnya dapat membuat seseorsng lebih sulit untuk tidur. Sebaliknya, terdapat teknik sederhana yang dapat membantu tertidur dengan cepat. 

 

“Teknik sederhana ini disebut relaksasi otot progresif (PMR) untuk membantu tubuh rileks sebelum tidur,” kata Rosie, seperti dilansir di laman Mirror, Kamis (17/2/2022).

Dia mengatakan, teknik ini untuk meredakan ketegangan, fokus dari teknik ini adalah untuk mengencangkan otot sebentar sebelum mengendurkannya.

Berikut cara melakukan teknik tersebut:

1. Tutup mata dan bernapas perlahan

Tegangkan seluruh wajah (mata, mulut, hidung, rahang, dan bibir) selama kurang lebih 10 detik, lalu tarik napas dalam-dalam dan rilekskan otot-otot. Ulangi prosedur ini untuk mengencangkan dan mengendurkan otot-otot di tubuh, dari bahu dan leher, sampai ke betis dan kaki.

2. Jauhkan diri dari barang elektronik

Apa lagi yang bisa dilakukan untuk membantu tidur? Rosie juga merekomendasikan untuk menjauhkan barang elektronik dari kamar tidur sebanyak mungkin untuk menghindari tidur malam yang terganggu. Cahaya biru dari TV, laptop, atau ponsel dapat mengacaukan ritme sirkadian dan membuat lebih sulit untuk tertidur.

"Sebaliknya, cobalah menukar melihat ponsel Anda dengan membaca atau menyelesaikan rutinitas perawatan kulit, atau tugas apa pun yang cukup santai untuk bersantai sebelum tidur,” ujarnya.

3. Pertimbangkan suhu tidur

Anda sebaiknya mempertimbangkan suhu kamar tidur. Orang dengan insomnia cenderung tetap hangat di malam hari.

Namun, menurut Rosie, suhu kamar tidur yang sempurna untuk tertidur adalah 15,5 Celsius dan 19,5 Celsius. Sebab jika suhu kamar terlalu hangat, ini dapat berkontribusi pada peningkatan suhu tubuh, membuat orang lebih sulit untuk tertidur dan mencapai tidur nyenyak. Sebaliknya, pastikan untuk mendinginkan diri sebelum tidur dan hindari menggunakan selimut tebal atau berat, terutama pada malam yang lebih hangat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement