Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rina Harwati

Hasilkan Mug Cantik, Siswa MTsN 6 Bantul Pajang Hasta Karya Bersama Fauka

Eduaksi | Wednesday, 16 Feb 2022, 15:23 WIB
Produk Mug Bercorak Ecoprint Hasil Karya Siswa dan Guru MTsN 6 Bantul

Siswa kelas VIID dan guru dengan didampingi guru SBK MTsN 6 Bantul memajang hasta karya berupa mug cantik bercorak ecoprint di ruang pemajangan pada Selasa (15/2). Dalam menciptakan mug ini, peserta dilatih oleh Ibu Alfi seorang pakar ecoprint dan Fauka Nurul, guru SBK. Mug yang dihasilkan sebanyak 50-an dan akan memperlengkap koleksi karya yang berfungsi meningkatkan daya wirausaha madrasah. Bahan-bahan yang digunakan adalah mug dan daun jati, sedangkan alat yang digunakan meliputi kompor, dandang, plastik, dan selotip.

Kepala MTsN 6 Bantul, Mafrudah mendukung ide guru SBK MTsN 6 Bantul yang daya inovasinya tidak diragukan lagi. “Saya acungi jempol daya kreativitas guru SBK ini. Terbukti beberapa produk sudah dihasilkan, bahkan memberikan omzet pada madrasah yang menjanjikan. Dalam pemasaran produk biasanya OSIS yang gencar melakukannya secara online dan offline,” tutur Kepala MTsN 6 Bantul.

“Sebenarnya proses pembuatannya tidak rumit. Dengan bahan dan alat yang tersedia kita hanya melakukan lima langkah sebagai berikut, 1) mengukur plastik sesuai lebar mug, 2) menata daun jati di atas plastik, 3) tempelkan di gelas, 4) tutup plastik yang tertempel dengan selotip, dan terakhir lakukan penggukusan selama 1,5 jam. Mug akan terhiasi daun-daun yang indah dan menarik,” papar Fauka Nurul di hadapan siswa dan guru sebagai peserta pelatihan. Kegiatan ini digagas sebagai wujud nyata kesiapan MTsN 6 Bantul menuju madrasah adiwiyata.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image