Rabu 16 Feb 2022 20:45 WIB

Ini Lima Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Buat Website

Lima hal ini agar website tersebut dapat bersaing di tengah kehadiran ribuan website.

Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan membagikan lima hal penting yang wajib diperhatikan oleh anda saat membuat website baik untuk individu maupun usaha seperti UMKM. (Foto: Ilustrasi website)
Foto: pixabay
Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan membagikan lima hal penting yang wajib diperhatikan oleh anda saat membuat website baik untuk individu maupun usaha seperti UMKM. (Foto: Ilustrasi website)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Country Manager Exabytes Indonesia Indra Hartawan membagikan lima hal penting yang wajib diperhatikan oleh anda saat membuat website baik untuk individu maupun usaha seperti UMKM. Lima hal tersebut menjadi standar yang digunakan Exabytes dalam menggelar ajang Website Award di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

"Lima hal itu adalah desain, SEO, aksebilitas, performa, dan konten," kata Indra dalam acara virtual, Rabu (16/2/2022).

Baca Juga

Exabytes merupakan perusahaan penyedia web hosting yang telah beroperasi selama lebih dari dua puluh tahun dengan fokus kawasan Asia Tenggara. Melihat kondisi Indonesia berkembang pesat dalam hal transformasi digital, Indra membagikan kelima hal yang perlu diperhatikan untuk bagi para pembuat website sehingga website tersebut dapat bersaing di tengah kehadiran ribuan situs web di Tanah Air.

Pertama terkait desain, Indra menjelaskan tampilan desain yang baik dapat membuat pengguna website nantinya bisa menghabiskan waktu yang cukup lama saat berselancar. Kendati demikian, ia menyarankan untuk pelaku UMKM terkait pembuatan desain sebaiknya memilih website dengan desain sederhana.

Desain sederhana selain memiliki harga yang lebih terjangkau dalam pembuatannya, juga lebih mudah dimengerti oleh pengguna website. Selanjutnya Indra menjelaskan hal penting lainnya adalah SEO atau Search Engine Optimization.

Dengan SEO yang baik, sebuah website akan mudah ditemukan oleh para target pasar yang diinginkan oleh sang pembuat situs website. Jika tidak memaksimalkan SEO, sebuah website tidak akan berkembang dengan pesat dan berpotensi tidak akan dilirik oleh target pasar. SEO juga berkaitan dengan konten dalam sebuah situs website.

Biasanya kata kunci tepat dengan konten yang menarik akan bisa menjadi daya tarik tambahan bagi para target pasar sehingga akhirnya situs website anda bisa dikenal dengan lebih mudah. Lalu terkait aksesibilitas, Indra menyebutkan aksesibilitas sangatlah penting untuk memastikan situs website anda dipahami para pengguna di ruang digital dengan beragam jenis latar pendidikan.

Tampilan akses yang mudah dipahami tentu akan meningkatkan jumlah kunjungan ke website yang anda kembangkan. Terakhir hal yang harus dipahami adalah performa, sebuah situs website dengan performa yang baik akan menjadi kunci dasar dari empat hal di atas.

Jika performa website khususnya dari seluruh fitur yang disediakan berfungsi, maka tentu keempat hal di atas akan berjalan dengan baik pula.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement