Rabu 16 Feb 2022 20:35 WIB

Rangkuman Kabar Terkini Pandemi Dunia, Gelombang Omicron di AS Mulai Surut

Jerman kini mulai melonggarkan pembatasan karena gelombang infeksi Omicron mereda.

Virus corona (ilustrasi). Beberapa negara di Eropa melaporkan gelombang omicron yang mulai mereda.
Foto: Pixabay
Virus corona (ilustrasi). Beberapa negara di Eropa melaporkan gelombang omicron yang mulai mereda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus harian Covid-19 di Indonesia terus melonjak, pada Rabu (16/2/2022) kasus konfirmasi sebanyak 64.718. Total saat ini sudah ada 4.966.046 kasus Covid-19 di Tanah Air.

Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia:

Baca Juga

Asia-Pasifik

Kementerian pariwisata Vietnam mengusulkan pembukaan kembali negara itu secara penuh bagi pendatang asing dan pencabutan hampir semua pembatasan perjalanan mulai 15 Maret. Garis waktu ini tiga bulan lebih cepat dari rencana.

Timur Tengah dan Afrika

Israel akan mulai menawarkan campuran antibodi Evusheld buatan AstraZeneca pada pengidap gangguan imun yang tak bisa mendapatkan tambahan antibodi yang cukup dari vaksin COVID.

Amerika

Kepala kepolisian Ottawa mengundurkan diri setelah dikritik tidak cukup bertindak untuk menghentikan aksi protes COVID-19 yang telah melumpuhkan ibu kota Kanada.

Situs kebocoran data Distributed Denial of Secrets mengatakan telah mengunggah lebih banyak informasi pendonor dalam platform pengumpulan dana GiveSendGo yang terkait dengan gerakan di Kanada yang menentang pembatasan COVID, termasuk mandat vaksin.

Washington akan mencabut kewajiban menunjukkan bukti vaksinasi di tempat-tempat bisnis mulai Selasa (15/2/2022). Ibu kota Amerika Serikat itu bergabung dengan kota-kota lain yang menghapus pembatasan COVID ketika gelombang Omicron surut.

Eropa

Gelombang baru varian Omicron tengah bergerak menuju Eropa timur, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). WHO mendesak otoritas di kawasan itu untuk meningkatkan vaksinasi dan tindakan lain.

Pemerintah Belanda akan mencabut sebagian besar pembatasan COVID mulai Jumat (18/2/2022).

Jerman kini dapat mulai melonggarkan pembatasan karena gelombang infeksi Omicron terus mereda.

Novak Djokovic memilih untuk absen di turnamen Prancis Terbuka dan Wimbledon daripada disuntik vaksin COVID-19, namun dia membantah dirinya anti vaksin.

Perkembangan Medis

Menyuntik ibu hamil dengan vaksin COVID dapat membantu mencegah kasus rawat inap pada bayi yang baru lahir, terutama jika sang ibu divaksin saat menjalani tahap akhir kehamilannya.

Long COVID lebih kecil kemungkinannya menimpa orang-orang yang divaksin daripada yang tidak, menurut tinjauan baru pada 15 penelitian oleh Badan Keamanan Kesehatan Inggris.

Dalam sebuah riset kecil, kandidat vaksin mRNA buatan China menunjukkan penurunan drastis dalam aktivitas antibodi penetral terhadap Omicron daripada virus corona yang tidak bermutasi. Namun demikian, dosis booster-nya dapat memicu produksi antibodi saat diuji pada hewan, menurut hasil penelitian.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement