Rabu 16 Feb 2022 19:57 WIB

Bendung Katulampa Siaga 3, Waspadai Banjir Kiriman di Jakarta

Air dari Bendung Katulampa diperkirakan tiba di Jakarta dalam waktu sembilan jam.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat
Foto: ANTARA/Arif Firmansyah
Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Hujan deras yang mengguyur kawasan Puncak, Kabupaten Bogor membuat ketinggian air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Kota Bogor mencapai Siaga 3. Sejak pukul 18.48 WIB, Tinggi Muka Air (TMA) di Bendung Katulampa mencapai 130 sentimeter.

Kepala Bendung Katulampa, Andi Sudirman, mengatakan awalnya ketinggian air masih berada pada titik nol sentimeter pukul 16.00 WIB. Pasca hujan deras, tinggi air mengalami kenaikan menjadi 40 sentimeter pukul 18.00 WIB dan mencapai 130 sentimeter pukul 18.48 WIB.

“Sekarang masih 130 sentimeter atau siaga 3,” kata Andi, dalam keterangannya, Rabu (16/2/2022).

Sedikitnya, ada 216.00 liter per detik air Sungai Ciliwung yang mengalir di Bendung Katulampa. Andi mengatakan, debit air diperkirakan akan tiba di wilayah Ibu Kota Jakarta dalam waktu sembilan hingga 12 jam ke depan. “Untuk kondisi cuaca masih hujan,” pungkasnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko mengeluarkan peringatan dini cuaca di wilayah Ciawi, Gadog, Megamendung, Cisarua hingga Cipanas dan sekitarnya.

Wilayah tersebut masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai kilat dan angin kencang. Kondisi itu diperkirakan masih berpeluang terjadi hingga malam hari nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement