Rabu 16 Feb 2022 16:47 WIB

Cara Memudarkan Stretch Mark di Perut

Tidak ada kata terlambat untuk memudarkan stretch mark.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Cara memudarkan stretch mark di perut. (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Cara memudarkan stretch mark di perut. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kulit menjadi bagian tubuh yang perlu diapresiasi dan dirawat. Tidak hanya wajah, bagian kulit lainnya, termasuk perut yang sering kali mengalami stretch mark, juga tak kalah penting untuk diperhatikan.

Dermatologist Expert & Medical Consultant Mama's Choice, dr Dia Febrina SpKK, mengatakan stretch mark bisa berupa guratan halus, berwarna kemerahan dan putih. Kelainan ini bisa dialami banyak sekali orang, terutama ibu hamil. Stretch mark bisa muncul di perut, payudara, paha, hingga lutut.

Baca Juga

“Ada beberapa terapi, cara dan pengobatan yang biasa dilakukan untuk mengatasi stretch mark,” kata dia dalam grand launching Mama's Choice Stretch Mark Serum, 2x Lebih Cepat Pudarkan Stretch Mark., Rabu (16/2/2022).

Dia juga mengatakan, sebenarnya kemunculan stretch mark bisa dicegah agar tidak terlalu banyak. Begitu juga setelah muncul, tidak ada kata terlambat untuk merawat, setidaknya untuk memudarkan beberapa persen. Berikut tips mencegah sekaligus memudarkan stretch mark:

1. Memijat perut

Menurut penelitian, pijatan lembut dapat mengatasi stretch mark karena membantu agar mencegah kemunculannya tidak terlalu banyak. Bila rajin dipijat halus, perut dapat lebih terlihat bagus nantinya. “Pijatan membantu juga karena kolagen menipis akibat peregangan, jadi harus rajin pijat bisa bagus seperti gadis lagi,” kata dia.

2. Pilih bahan aman

Menurut dia, mengoleskan bahan atau produk yang aman bisa dilakukan sejak awal kehamilan, misalnya memasuki trimester kedua. Hal itu untuk mencegah timbulnya stretch mark lebih banyak.

Bahan seperti yang mengandung aloe vera, vitamin C, oil, antibakterial, antuinflamasi dan niacinamide bisa membantu mengatasi stretch mark. Fungsinya termasuk melembapkan, meregenerasi sel kulit, mendinginkan, mengurangi gatal hingga antiperadangan.

“Daripada digaruk, bisa oleskan produk yang punya efek antiinflamasi, antiperadangan untuk mengurangi iritasi. Kalau baru banget ketahuan positif hamil buruan cari cream dan serum untuk persiapan jadi bisa diobati dan dicegah sedini mungkin,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement