Rabu 16 Feb 2022 17:10 WIB

Raja Bahrain Ingin Tingkatkan Hubungan dengan Israel

Raja Bahrain Ingin Tingkatkan Hubungan dengan Israel

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Muhammad Hafil
Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif bin Rashid Alzayani menyambut kunjungan resmi pertama Perdana Menteri Israel Naftali Bennett ke negaranya, Senin 14 Februari 2022.
Foto: AP Photo/Ilan Ben Zion
Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif bin Rashid Alzayani menyambut kunjungan resmi pertama Perdana Menteri Israel Naftali Bennett ke negaranya, Senin 14 Februari 2022.

IHRAM.CO.ID,MANAMA – Perdana Menteri Israel Naftali Bennett bertemu dengan Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa, Selasa (15/2). Pertemuan yang berlangsung di Istana Al-Sakhir itu turut dihadiri Putra Mahkota Bahrain Salman bin Hamad Al Khalifa.

“Yang Mulia Raja (Hamad bin Isa Al Khalifa) menyambut Perdana Menteri Israel, mengungkapkan harapan kunjungannya ke Bahrain akan lebih meningkatkan hubungan bilateral dan kerja sama untuk melayani kepentingan bersama,” kata Bahrain News Agency (BNA) dalam laporannya.

Baca Juga

Raja Hamad turut meninjau berbagai aspek kerja sama antara Bahrain dan Israel serta sarana untuk meningkatkannya. “Yang Mulia Raja dan Perdana Menteri Israel menggarisbawahi keinginan untuk lebih mempromosikan hubungan bilateral dan kerja sama guna melayani kepentingan bersama serta keamanan, stabilitas dan pembangunan regional,” kata BNA.

Raja Hamad meminta Bennett menyampaikan salamnya kepada Presiden Israel Isaac Herzog. Ia pun mengutarakan harapan terbaiknya untuk rakyat Israel yang lebih berkembang dan sejahtera. Pada gilirannya Bennett menyampaikan terima kasih kepada Raja Hamad atas sambutan dan keramahan terhadapnya.

 

Bennett menyampaikan rasa bahagianya dapat menjadi perdana menteri Israel pertama yang mengunjungi Bahrain. Dia pun mengapresiasi dan memuji keinginan Raja Hamad terkait peningkatan hubungan bilateral Israel-Bahrain. Sama seperti Raja Hamad, Bennett berharap rakyat Bahrain lebih tumbuh dan makmur.

Pada 15 September 2020, Bahrain dan Uni Emirat Arab (UEA) menandatangani perjanjian normalisasi diplomatik dengan Israel. Hal itu tercapai berkat mediasi dan dukungan AS di bawah kepemimpinan mantan presiden Donald Trump. Kesepakatan normalisasi tersebut dikenal dengan nama Abraham Accords.

Selain UEA dan Bahrain, AS pun membantu Israel melakukan normalisasi diplomatik dengan Sudan serta Maroko. Washington menghapus Sudan dari daftar negara pendukung terorisme sebagai aksi timbal balik atas kesediaannya membuka hubungan resmi dengan Tel Aviv. Kemudian terkait Maroko, sebagai balasan, AS mengakui klaim negara tersebut atas wilayah Sahara Barat yang dipersengketakan.

Palestina mengecam kesepakatan damai yang dilakukan empat negara Muslim tersebut. Menurut Palestina, hal itu merupakan tikaman bagi perjuangannya memperoleh kemerdekaan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement