Rabu 16 Feb 2022 12:20 WIB

Konsumsi Makanan Ini Bisa Bikin Kulit Awet Muda

Kulit sehat dan bersinar tidak dapat diwijudkan dalam waktu semalam.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti
Makanan berikut ini bisa membantu kulit Anda tampak awet muda. (ilustrasi)
Foto: Prayogi/Republika
Makanan berikut ini bisa membantu kulit Anda tampak awet muda. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda pasti ingin memiliki kulit sehat dan bersinar. Jenis kulit tersebut tidak bisa dicapai hanya dalam waktu semalam.

Namun bukan berarti Anda tidak dapat mewujudkannya. Dengan pola hidup dan makan sehat, Anda bisa mendapatkan kulit yang tampak awet muda.  

Baca Juga

Dilansir di laman Krishijragan pada Rabu (16/2/2022), terdapat beberapa makanan yang benar-benar akan membantu Anda untuk mencapai kulit bercahaya. Berikut lima makanan yang sangat baik untuk kulit:

1. Alpukat

photo
(Foto: ilustrasi buah alpukat) - (Pikrepo)

 

Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga menjadikannya pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Selain menjaga fungsi tubuh, alpukat juga bagus untuk kulit Anda. Buah ini tinggi lemak sehat.

Studi terbaru juga menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat membantu Anda mencegah kerusakan akibat sinar matahari pada kulit Anda hal ini karena senyawa yang ditemukan dalam alpukat membantu pencegahan dari sinar UV.  Alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik yang membantu pencegahan dari stres oksidatif.  Ini juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk membentuk kolagen di kulit Anda yang merupakan protein struktural utama yang menjaga kulit tetap sehat dan kuat.

2. Biji bunga matahari 

photo
Biji bunga matahari. (Pxhere)

 

Biji bunga matahari adalah makanan yang sangat baik untuk kulit karena dikemas dengan berbagai jenis nutrisi dan mineral yang meningkatkan kesehatan kulit. Biji bunga matahari penuh dengan antioksidan yang larut dalam lemak yang membantu memperbaiki kulit Anda dan mencegah stres oksidatif. 

Biji bunga matahari diperkaya dengan selenium yang membantu memperbaiki sel-sel yang rusak. Ini juga mengandung kandungan vitamin E yang tinggi yang membantu membantu kolagen dan elastin yang membantu menjaga kesehatan kulit dan umur panjang kulit.

Biji bunga matahari bisa dimakan sebagai roti multigrain, batangan nutrisi juga Anda bisa memakannya langsung dari kantongnya. Biji bunga matahari juga mengandung mineral seperti seng, mangan, magnesium yang memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya.

3. Brokoli

photo
Brokoli (ilustrasi). - (www.freepik.com)

 

Brokoli adalah makanan super. Makanan super adalah makanan yang menawarkan manfaat kesehatan maksimal dengan kalori minimal.  Brokoli mengandung berbagai macam vitamin dan mineral di dalamnya yang sangat baik untuk kulit. Brokoli mengandung lutenin sejenis karotenoid yang membantu melindungi kulit dari stres oksidatif dan kerusakan.  

Brokoli juga mengandung sejenis senyawa khusus bernama glucoraphanin yang selanjutnya diubah menjadi sulforaphane yang memiliki sifat anti kanker. Memasukkan brokoli ke dalam makanan Anda dapat memberi Anda berbagai manfaat kesehatan serta Anda akan memiliki kulit yang tampak sehat.

4. Ikan 

photo
Ikan. - (Pixabay)

 

Ikan berlemak juga disebut ikan berminyak termasuk salmon, makerel dan herring. Mereka adalah sumber yang kaya asam lemak omega-3 (terutama EPA dan DHA).  

Mereka berkontribusi untuk mengatur produksi minyak kulit, menjaga kulit terhidrasi, dan mengatasi tanda-tanda penuaan minimal. Asam lemak omega 3 dapat memiliki efek menenangkan pada dermatitis dan kulit yang teriritasi.  

Ini dapat membantu menjaga kulit kering tetap lembab dan lembut.  Selain omega-3, ikan berlemak juga dikemas dengan berbagai jenis vitamin dan mineral termasuk Vitamin E yang merupakan antioksidan yang larut dalam lemak dan membantu dalam produksi kolagen dan elastin di kulit yang menjaga elastisitas kulit serta mencegah kendur.  Hal ini membuat tampak lebih muda dan membantu melindungi kulit dari efek berbahaya sinar UV matahari.

5. Buah sitrus

photo
Jeruk (Ilustrasi) - ()

 

Mengonsumsi buah jeruk setiap hari dapat sangat bermanfaat bagi kulit. Buah jeruk termasuk jeruk, limau, jeruk bali dan lemon. 

Buah-buahan ini diperkaya dengan vitamin penambah kolagen seperti vitamin E dan vitamin C. Asam sitrat yang ada di dalamnya membunuh bakteri dan patogen yang ada di kulit.  Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya membuat kulit tampak lebih muda dengan meregenerasi kolagen dan menjaga elastisitas kulit. Ini juga mengurangi pigmentasi dan mencegah kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement