Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image aqbil fardan

Siapkah Indonesia dengan Demokrasi?

Politik | Tuesday, 15 Feb 2022, 22:14 WIB
Foto: DW (News)

Ketika mendengar kata "Demokrasi" apa hal teringat di kepala anda? Pemilu kah? Kebebasan atau dari rakyat untuk rakyat oleh rakyat.Demokrasi sendiri telah menjadi "role model" bagi beberapa negara khusunya negara barat yang dimana juga tempat lahirnya buah pemikiran ini.

Sejujurnya Demokrasi bukanlah hal yang baru bagi negeri ini,jika dilihat dari sejarahnya,Demokrasi Terpimpin dan Demokrasi Parlementer adalah contohnya,namun dalam perjalananya kedua model ini jatuh hingga pada akhirnya sebuah diktaktor seperti suharto mengambil alih roda pemerintahan.

setelah itu indonesia masuk masa reformasi di mana demokrasi pancasila menjadi arah angin baru bagi negara,namun selama tahun 2020-2021 kita melihat bagaimana demokrasi indonesia secara perlahan menyusut,puncaknya adalah ketika penangkapan para aktivis dan pengkritik dengan UU ITE.

maka muncul lah sebuah pertanyaan esensial yang wajib dijawab oleh para pejabat dan rakyat kita sendiri,"Sudah siapkah kita menerima demokrasi,keterbukaan dan perbedaan cara pandang dengan lapang dada serta penuh dengan rasa tanggung jawab?",apabila seseorang berbeda pendapat maka kita tidak membalasnya dengan hukum namun dengan ilmu,apabila seseorang berbeda dan mendobrak norma-norma tradisional bisakah kita meneriam/berdebat denganya secara sehat tanpa saling memukul? apakah kita benar benar bisa mencapai taraf seperti itu?

Entahlah,namun.bukanlah sesuatu yang mustahil apabila masa dimana semua orang menerima hal hal yang diatas yang diperlukan masyarakat kita dan pemerintah adalah dengan menjauhi sikap ototorianisme yang menjadi peninggalan Suharto.hal ini menjadi tantangan sendiri mengingat bahwa tidak semua masyarakat Indonesia setuju untuk meninggalkan gaya kepimpinan Suharto .

banyak yang masih terikat dengan Gloria masa lampau yang sulit dihilangankan malah banyak yang mencoba untuk membangkitkan kembali gloria itu lagi,apakah itu bagus apakah itu baik untuk Indonesia,entahlah.

lalu semua ini akan kembali ke judul artikel,Siapkah Indonesia dengan Demokrasi?,lalu Demokrasi macam apa yang ingin Indonesia pakai?,semua ini hanya bisa dijawab dengan waktu dan komitmen bersatu bangsa terhadap demokrasi karena sejatinya demokrasi lahir dari rakyat dan apabila rakyat menolak nya maka bukanlah hal yang tidak mungkin indonesia bisa diperintah oleh rezim seperti Suharto

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image