Kamis 17 Feb 2022 08:20 WIB

TV Digital, Set Top Box, dan Cara Settingnya

TV digital adalah era baru dunia penyiaran. Siaran TV analog akan disetop 30 April 2022. Beli set top box TV digital, sudah bisa menikmati siaran berkualitas.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
TV Digital, Set Top Box, dan Cara Settingnya
TV Digital, Set Top Box, dan Cara Settingnya

TV digital adalah era baru dunia penyiaran di seluruh dunia, termasuk Indonesia. TV digital dapat menghadirkan tayangan berkualitas secara gratis walaupun bukan layanan streaming internet maupun TV kabel berlangganan.

Televisi (TV) di rumah kamu masih analog? Model jadul? Ayo, segera ganti TV analog ke TV digital (Analog Switch Off/ASO). Tak perlu beli TV baru untuk bisa menikmati tayangan siaran TV digital, tinggal pakai perangkat digital khusus atau disebut set top box.  

Untuk lebih jelas tentang TV digital, berikut ulasannya seperti Cermati.com lansir dari laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Baca Juga: Cara Cek Pulsa Telkomsel Terbaru 2022, Bisa via Telepon, SMS, Aplikasi, dan Virtual Assitant

 

Apa Itu TV Digital?

Apa Itu TV Digital?

Apa Itu TV Digital?

TV Digital adalah penyiaran yang menggunakan standar Digital Video Broadcasting-Terrestrial Second Generation (DVB-T2). Artinya menggunakan frekuensi radio VHF/UHF, seperti halnya TV analog, akan tetapi dengan format konten yang digital.

Kalau TV analog, semakin jauh posisi antena dari lokasi stasiun pemancar TV, sinyal akan semakin melemah. Gambar siaran yang diterima pun semakin buruk dan berbayang.

Tetapi tidak dengan TV digital. TV digital menyajikan gambar dan suara yang lebih jernih dibanding TV analog. Jadi, tidak ada lagi yang namanya gambar berbayang atau bintik-bintik semut pada monitor TV.

Inilah perbedaan TV analog dengan TV digital. TV digital hanya mengenal dua status, yakni Terima (1) atau Tidak (0).

Selagi set top box masih dapat menangkap sinyal, maka program siaran akan diterima. Sebaliknya, bila sinyal tidak diterima set top box (STB), gambar dan suara siaran TV digital tidak muncul.

Kelebihan TV Digital

Beberapa kelebihan TV digital dibanding TV analog, di antaranya:

  • Kualitas gambar dan suara lebih jernih dan jelas
  • Canggih teknologinya karena tersedia fasilitas tambahan, seperti EPG (Electronic Program Guide) untuk mengetahui acara-acara yang telah dan akan ditayangkan kemudian
  • Terdapat kemampuan penyediaan layanan interaktif, di mana pemirsa dapat secara langsung memberi rating terhadap suara program siaran
  • Ada teknologi parental lock sehingga orangtua dapat mengatur program acara sesuai usia anak
  • Bisa menikmati siaran TV digital lebih lengkap karena banyak pilihan Jumlahnya bisa mencapai ratusan channel
  • Program siaran yang bermutu untuk masyarakat
  • TV digital gratis, tanpa butuh kuota internet atau berbayar setiap bulan karena merupakan layanan free to air.

Set Top Box TV Digital

Set Top Box TV Digital

Set Top Box TV Digital

Set top box TV digital adalah perangkat penerima siaran TV digital. STB TV digital ini merupakan komponen penting dalam migrasi TV analog ke TV digital.

Set top box bisa disebut juga receiver TV digital atau dekoder. Lengkapnya, set top box TV digital adalah peranti teknologi informasi yang tugas utamanya memproses sinyal digital menjadi sinyal analog.

Cara kerja STB TV digital, yaitu mengolah input (sinyal yang ditangkap antena UHF) siaran digital, lalu dikeluarkan dalam bentuk gambar dan suara ke TV analog. Jadi, tinggal pasang set top box di TV analog, kamu bisa menikmati siaran TV digital.

Set box TV digital juga mampu menyajikan fitur tambahan, seperti informasi kebencanaan. Siarannya juga bisa disesuaikan dengan usia penontonnya, sehingga orangtua dapat mengatur apa saja yang boleh ditonton anak-anak.

Set top box berbeda sesuai jenis penyiaran TV-nya. Ada STB DVB-C (kabel), DVB-S (satelit), DVB-IPTV (internet protokol TV). Untuk TV digital menggunakan STB DVB-T2.

Set Top Box TV Digital Terbaik dan Harganya

Set top box TV digital terbaik adalah set top box yang memiliki sertifikasi dari Kominfo. STB TV digital yang sudah bersertifikat dijamin bahwa STB pasti bisa digunakan. Semua fitur di siaran digital bisa berfungsi optimal.

Selain itu, cara aman pilih set top box TV digital terbaik, yaitu pilih STB yang ada tulisan DVB-T2. Di kemasan STB TV digital ada tulisan “Siap Digital,” yang merupakan tanda siap digital. Ada juga tambahan gambar MODI yang menjadi logi Siap Digital.

STB TV digital sudah bisa kamu beli di toko elektronik maupun situs belanja online. Harga set top box TV digital bervariasi, mulai dari Rp 100 ribuan. Sudah dapat STB, remote control, dan kabel AV.

Rekomendasi Set Top Box TV Digital Terbaik dan Harganya

Berikut 10 STB TV digital terbaik bersertifikat Kominfo dan harga set top box TV digital di situs belanja online e-commerce

No

Merek STB TV Digital Terbaik

Harga

1

Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD)

Rp 250.000

2

Polytron (PDV 600T2)

Rp 264.000 – Rp 1.000.000

3

Ichiko (8000HD)

Rp 234.000 – Rp 696.000

4

Akari (ADS-2230)

Rp 250.000 – Rp 485.000

5

Venus (Brio)

Rp 270.000 – Rp 449.000

6

Tanaka (T2)

Rp 189.000 – Rp 265.000

7

Matrix (Apple)

Rp 182.000 – Rp 295.000

8

Evercross (STB1)

Rp 178.000 – Rp 275.000

9

Nextron (NT2000-D)

Rp 200.000 – Rp 300.000

10

Evinix H1

Rp 188.000 – Rp 235.000

11

Akari (ADS-168)

Rp 447.000 – Rp 1.400.000

12

Akari (ADS-210)

Rp 404.000 – Rp 636.000

13

Nextron (TR 1000)

Rp 342.000 – Rp 373.000

Informasi tentang STB yang sudah bersertifikat Kominfo bisa dillihat di aplikasi SIRANI (Aplikasi Mobile Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi) tersedia di App Store dan Google Play Store, atau akses siarandigital.kominfo.go.id atau sertifikasi.postel.go.id/sertifikat/publish.    

Baca Juga: Tinggal di Indonesia, Perlukah Beli Ponsel 5G?

Antena TV Digital

Untuk dapat menerima siaran TV digital, baik dari TV analog yang sudah disambung ke set top box maupun TV digital dengan perangkat penerima DVB-T2, tetap harus menggunakan antena sebagai penangkap sinyal.

Antena digital TV yang digunakan adalah antena rumah biasa, yakni antena UHF luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor).

Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik dan Harganya

Ini rekomendasi antena TV digital terbaik dan harga antena TV digital:

No

Merek Antena TV Digital Terbaik

Harga

1

PX Digital TV DA-5700

Rp 179.000

2

PX Digital TV Antenna DA-1201NP

Rp 199.000

3

Intra INT-555DGT

Rp 97.500

4

Titis TT1000

Rp 75.000

5

Sanex WA-950TG

Rp 107.000

6

Toyosaki AIO 200

Rp 117.500

7

PF HDU 19

Rp 159.000

8

Phillips SDV8622T

Rp 878.000

9

Krisbow UVR-AV209

Rp 225.000

10

Intra Antenna Digital INT002

Rp 89.500

Tahapan Migrasi TV Analog ke Digital

Migrasi TV analog ke digital

Migrasi TV analog ke digital (Foto: Kominfo)

Segera migrasi TV analog ke digital, karena siaran TV analog akan dihentikan atau dimatikan mulai 30 April 2022. Jadi, setelah tanggal itu, kamu tidak bisa lagi menonton tayangan TV seperti biasanya.

Selain itu, masyarakat yang tidak beralih ke TV Digital tidak bisa mendapatkan informasi informasi kebencanaan melalui TV. Migrasi TV analog ke digital dibagi menjadi tiga tahapan, yakni:

  • Tahap 1

Menghentikan siaran TV analog pada 56 wilayah siaran di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara 1 dan Papua. Pelaksanaan migrasi TV analog ke digital tahap 1 paling lambat 30 April 2022.

  • Tahap 2

Pada tahap 2 menyasar 31 wilayah siaran, termasuk di antaranya Sulawesi Selatan 5, Kalimantan Tengah 6, Nusa Tenggara Timur 2, Yogyakarta, Jawa Barat 1, Jawa Tengah 1, dan DKI Jakarta. Paling lambat dilakukan pada 25 Agustus 2022.

  • Tahap 3

Pelaksanaan migrasi TV analog ke digital tahap terakhir dilakukan paling lambat 2 November 2022. Meliputi 25 wilayah siaran, yaitu Jawa Tengah 5, Kalimantan Barat 6, Nusa Tenggara Barat 5, Maluku 2, Sulawesi Tengah 3, dan Papua 9.

Baca Juga: Saham Telekomunikasi Indonesia, Ini Daftar dan Harganya

Cara Setting TV Digital

Cara Setting TV Digital Kominfo

Cara Setting TV Digital (Foto: Kominfo)

Untuk mengetahui cara setting TV digital dari TV analog, terlebih dahulu harus menghubungkan set top box (STB).

Cara setting TV digital dari TV analog dengan STB:

  • Pindahkan kabel antena TV ke bagian lubang yang terdapat di belakang STB
  • Menyambungkan kabel HDMI ke STB
  • Untuk TV yang tidak ada kabel HDMI, dapat menggunakan kabel berjenis AV. Biasanya paket STB sudah dilengkapi dengan kabel AV dan remote control
  • Sambungkan kabel AV ke TV maupun ke STB sesuai dengan warnanya
  • Nyalakan TV
  • Pilih setting
  • Pilih menu HDMI atau AV
  • Lalu STB akan terinstal secara otomatis
  • Selesai

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Gratis

  • Dalam keadaan STB sudah terinstal, pencarian channel bisa dilakukan dengan menggunakan remote STB (yang sudah dipasang baterai)
  • Pilih Pencarian Otomatis
  • Nanti akan muncul Channel Search dan mulai mencari channel otomatis
  • Selesai.

Apa Kamu Sudah Jadi Pengguna TV Digital?

Sudah tidak zaman nonton TV masih berbayang atau ada ‘semutnya.’ Penulis pun sudah beralih ke TV digital. Gambar menjadi lebih bagus dan jernih. Suaranya juga lebih jelas.

Tak perlu beli TV baru yang harganya jutaan rupiah untuk menyaksikan tayangan TV digital yang berkualitas. Pakai TV yang ada di rumah saja.

Cukup modal beli STB TV digital Rp 100 ribu sampai Rp 200 ribuan, kamu sudah bisa mendapatkan kecanggihan teknologi dari TV digital. 

Baca Juga: Cara Cek Nomor IMEI iPhone, Jika Masih Ragu Keaslian Perangkat

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement