Selasa 15 Feb 2022 15:47 WIB

IPB University Berikan Wawasan Kebangsaan kepada Mahasiswa Baru

Pilar peradaban sebuah bangsa adalah pendidikan, ekonomi dan cinta tanah air.  

Mahasiswa baru IPB University mengikuti Kuliah Umum Pendidikan Pancasila yang disampaikan oleh Prof Dr Komaruddin Hidayat.
Foto: Dok IPB University
Mahasiswa baru IPB University mengikuti Kuliah Umum Pendidikan Pancasila yang disampaikan oleh Prof Dr Komaruddin Hidayat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Sebanyak seribu mahasiswa baru IPB University mengikuti Kuliah Umum Pendidikan Pancasila, Rabu  (9/2) secara daring. Kuliah umum ini digelar untuk memberikan wawasan kebangsaan dan implementasi nilai-nilai Pancasila kepada mahasiswa baru.

Dalam kuliah umum ini, Prof Dr Komaruddin Hidayat, rektor Universitas Islam International Indonesia hadir sebagai narasumber dan memaparkan materi dengan tema “Mewujudkan Karakter Techno-sociopreneurship untuk Memajukan Bangsa”. Prof Komaruddin menyampaikan fakta bahwa perkembangan teknologi yang pesat telah berdampak pada dinamika sosial.

Untuk itu, dunia pendidikan perlu mengikuti perkembangan tersebut agar dapat menjadi aktor dalam kemajuan globalilasi. “Mahasiswa perlu mengembangkan beberapa karakter techno-sociopreneurship seperti mental industri, kreativitas, long life dan agile learner serta yang terpenting adalah tetap menjunjung tinggi moralitas yang berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menggarisbawahi bahwa pilar peradaban sebuah bangsa adalah pendidikan, ekonomi dan cinta tanah air.  "Yang bertanggung jawab akan kemajuan bangsa adalah kita semua sebagai pewaris bangsa, bukan bangsa lain,” tandasnya.

Prof Komaruddin berharap kegiatan ini mampu menumbuhkan semangat untuk membangung karakter techno-sociopreneurship pada mahasiswa IPB University sebagai salah satu motor penggerak menuju techno-sociopreneurial university.

Sementara itu, menurut Kordinator Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, IPB University, Prof Sedarnawati Yasni, pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022 yang lalu, Direktorat Program Pendidikan Kompetensi Umum juga telah mengadakan kuliah umum Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Pada Agustus 2021 lalu, topik yang diangkat adalah “Mahasiswa Cinta Tanah Air dan Siap Bela Negara” dengan narasumber Prof Bondan Tiara Sofyan, tenaga ahli pengkaji Bidang Sosial Budaya, Lembaga Ketahanan Nasional RI.

“Kami berharap, setiap angkatan mahasiswa baru mendapatkan kuliah umum terkait pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila. Sehingga mahasiswa IPB University sebagai calon pemimpin bangsa memiliki karakter Cinta Tanah Air dan siap memajukan semua aspek pembangunan, khususnya bidang pertanian dalam arti luas,” ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement