Selasa 15 Feb 2022 06:19 WIB

Desa yang Hilang Kembali Muncul di Tengah Kekeringan

Aceredo, desa yang hilang kembali muncul di tengah kekeringan.

Rep: Lintar Satria/ Red: Agung Sasongko
Sisa-sisa Desa Aceredo yang hilang kembali terlihat saat kekeringan melanda Spanyol,
Foto: AP Photo/Emilio Morenatti
Sisa-sisa Desa Aceredo yang hilang kembali terlihat saat kekeringan melanda Spanyol,

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Setiap musim panas di waduk Lindoso sebelah barat laut Spanyol terlihat atap-atap rumah desa Aceredo yang terendam tiga dekade yang lalu. Desa tua yang hilang ketika bendungan pembangkit listrik meluap membanjiri lembah itu muncul di musim-musim yang kering.

Namun tidak pernah kerangka desa terlihat sepenuhnya. Terutama di musim dingin yang basah.

Baca Juga

Setelah tidak ada hujan selama dua bulan terakhir dan tidak ada tanda-tanda akan muncul. Reruntuhan Aceredo muncul lalu mengaduk emosi warga sekitar yang dapat melihat bangkai-bangkai mobil karatan, air mancur yang masih menyemburkan air dan jalanan yang dulu digunakan menuju bar.

"Seluruh tempat itu sebelumnya kebun anggur, pohon-pohon jeruk, semuanya hijau, begitu indah," kata penduduk desa Jose Luis Penin yang dulu mampir ke bar di desa itu bersama kawannya setelah seharian memancing.

"Lihat sekarang, sangat menyedihkan," kata pria berusia 72 tahun sambil menunjuk waduk. Ia tinggal di dekat desa itu.

Zona-zona kering di Semenanjung Iberia memang kerap mengalami musim kering. Tapi pakar menilai perubahan iklim memperburuk masalah. Curah hujan tahun ini mencapai rekor terendahnya atau sama sekali tidak ada, petani Portugal dan Spanyol yang memproduksi berbagai komoditas untuk seluruh Eropa khawatir panen mereka tahun ini akan gagal.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement