Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Chelsea tak Diizinkan Gunakan Logo Emas Juara Piala Dunia Antarklub di Liga Inggris

Selasa 15 Feb 2022 00:01 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah

Pemain Chelsea merayakan setelah pertandingan sepak bola final Piala Dunia Klub antara Palmeiras dan Chelsea di Stadion Mohammed Bin Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu, 12 Februari 2022.

Pemain Chelsea merayakan setelah pertandingan sepak bola final Piala Dunia Klub antara Palmeiras dan Chelsea di Stadion Mohammed Bin Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu, 12 Februari 2022.

Foto: AP Photo/Hassan Ammar
Liga Inggris melarang perubahan pada jersey di pertengahan musim.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Chelsea keluar sebagai juara Piala Dunia Antarklub setelah mengalahkan Palmeiras 2-1 pada partai final di Stadion Mohammed bin Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Ahad (13/2/2022). Dengan demikian, the Blues berhak memasang logo emas emas juara dunia di jersey mereka. Namun logo tersebut belum bisa dipasang di jersey yang dipakai di Liga Inggris, dilansir dari Marca, Senin (14/2/2022).

Aturan Liga Inggris melarang perubahan pada jersey di pertengahan musim meskipun Liverpool diizinkan untuk menampilkan logo emas pada jersey mereka di satu pertandingan setelah memenangkan Piala Dunia Antarklub, dua tahun lalu. Chelsea mungkin juga bisa meminta pengecualian serupa.

Baca Juga

Kendati demikian Chelsea bisa menggunakan logo tersebut di semua pertandingan Liga Champions. Sehingga mereka bisa bangga mengenakan logo tersebut saat menghadapi Lille pada babak 16 besar Liga Champions. Mereka juga bisa mengenakannya di Piala FA jika mengajukan izin khusus kepada FA.

Logo juara dunia hanya diperbolehkan digunakan pada jersey tim utama. FIFA melarang logo tersebut digunakan pada perlengkapan latihan.

"Sesuai dengan pedoman penggunaan, tim pemenang dapat mengenakan lencana Juara Dunia FIFA sejak hari menjadi juara hingga dan termasuk final edisi turnamen berikutnya," demikian keterangan FIFA.

Dalam penjelasannya juga mengatakan lencana tersebut hanya dapat digunakan pada seragam tim resmi saat ini. Dengan demikian logo tersebut tak dapat digunakan pada jersey versi lama tim, kaus latihan, baju olahraga, atasan latihan atau produk lainnya.

Chelsea menjadi tim Inggris ketiga yang memenangkan Piala Dunia Antarklub. Sebelumnya ada Manchester United dan Liverpool. Kemenangan ini sekaligus penebusan kegagalan pada 2012 ketika kalah 1-0 dari Corinthians di partai puncak. 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA