Senin 14 Feb 2022 20:17 WIB

Ustadz Khalid Basalamah akan Dilaporkan Polisi karena Ceramah Soal Wayang

Ustadz Khalid disebut mengharamkan dan menyarankan untuk memusnahkan wayang.

Ustaz Khalid Basalamah disebut mengharamkan wayang.
Foto: Tangkapan layar
Ustaz Khalid Basalamah disebut mengharamkan wayang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Video Ustaz Khalid Basalamah berisi penjelasan soal wayang menurut ajaran Islam menjadi sorotan. Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Wilayah Banyumas Raya bakal melaporkan Ustadz Khalid ke Bareskrim Mabes Polri terkait dengan viralnya video ceramah di media sosial yang menyatakan wayang lebih baik dimusnahkan atau dihilangkan.

"Kalau hanya dinyatakan dilarang (dalam Islam), itu sudah biasa. Tapi dalam anak kalimat berikutnya ada ujaran 'lebih baik dimusnahkan', ini sangat menyakitkan kami," kata Koordinator Pepadi Wilayah Banyumas Raya, Bambang Barata Aji di Banyumas, Jawa Tengah, seperti dinukil dari Antara, Ahad (13/2/2022).

Bambang mengaku telah berkoordinasi dengan Ketua Pepadi Provinsi Jawa Tengah, Ketua Pepadi Kabupaten Banyumas, dan para pelaku seni pewayangan di Kabupaten Banyumas, guna mengambil sikap atas pernyataan ustadz Khalid Basalamah tersebut. Menurut dia, ujaran pengharaman produk seni budaya wayang oleh Ustadz Khalid Basalamah merupakan wacana yang sangat merugikan dan berbahaya.

"Lebih jauh lagi, dapat dimaknai sebagai upaya memperkeruh kehidupan bermasyarakat, bahkan mengarah pada upaya disintegrasi bangsa," katanya didampingi Ketua Pepadi Kabupaten Banyumas Sriyono dan sejumlah dalang lokal Banyumas.

 

Ia mengatakan ujaran atau pernyataan Ustadz Khalid dapat mengarah pada upaya disintegrasi bangsa. Sebab, masih kata Bambang, karena wayang merupakan produk seni budaya yang ditemukan pada berbagai kelompok etnik di nusantara dengan berbagai ekspresi. Mulai dari wayang purwa, wayang orang, wayang golek, wayang wali, wayang wahyu, wayang beber, dan sebagainya.

Selain itu, kata dia, wayang merupakan produk seni budaya yang mengalir dari zaman ke zaman dengan berbagai adaptasi dan pengkayaan. Sehingga tidak hanya ekspresi seninya juga kandungan filsafat atau moral dan etik masyarakat yang terus maju ke depan.

Bahkan, Bambang menyebut Wali Songo dalam menyebarkan agama Islam di Nusantara khususnya Jawa juga menggunakan wayang sebagai media dakwah. "Apa yang diharamkan oleh saudara Khalid Basalamah ini menepis produk pengislaman masyarakat Nusantara oleh para aulia. Hal ini tentu berbahaya bila ditafsirkan bahwa para wali melaksanakan hal-hal yang haram dalam penyebaran agama Islam," kata Bambang yang juga Ketua Yayasan Dhalang Nawan.

Ustadz Khalid diminta minta maaf...

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement