Senin 14 Feb 2022 17:14 WIB

Sholat Malam Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh, Ini Penjelasannya

Sholat manfaat bermanfaat juga untuk kesehatan jasmani

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sholat malam. Sholat manfaat bermanfaat juga untuk kesehatan jasmani.
Ilustrasi sholat malam. Sholat manfaat bermanfaat juga untuk kesehatan jasmani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ibadah sholat malam dapat memberikan sejumlah keutamaan bagi kaum Muslim, di antaranya yakni mendatangkan kesehatan jasmani manusia. 

Dikutip dari buku Jangan Takut Hadapi Hidup karya Dr Aidh Abdullah Al-Qarny, tentang keutamaan sholat malam, Rasulullah ﷺ bersabda dalam sebuah hadits yang dianggap sahih oleh hampir semua ulama. Beliau bersabda: 

Baca Juga

عليكم بقيام الليل فإنَّه تكفير للخطايا والذنوب، ودأب الصالحين قبلكم، ومطرد للداء عن الجسم

“Hendaklah kalian mendirikan shplat malam karena ia adalah tebusan atas kesalahan dan dosa-dosa, sebagai kebiasaan orang-orang sebelum kalian, dan dapat mencegah datangnya penyakit di badan.” (HR Tirmidzi, Al-Baihaqi, Ibnu Khuzaimah, Al-Hakim) 

Dengan demikian, sholat malam juga akan mendatangkan kesehatan jasmani manusia, dengan izin Allah Subhanahu wa Ta'ala

Beberapa ulama menyatakan, “Orang yang selalu melaksanakan shalat malam, maka Allah Subhanahu wa Ta'ala akan memberinya kesehatan, kekuatan dan stamina badannya.” 

Bahkan Ibn Al Qayyim juga menyatakan, “Aku melihat, Ibnu Taimiyyah sebagai orang yang paling kuat karena seringnya dia melaksanakan sholat malam. Ketika dia bicara, semua orang terkesima dengan bicaranya, begitu juga ketika dia bergerak, berjalan dan berperang.”  

Adapun sholat malam merupakan sebuah amalan yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah ﷺ, baik pada saat beliau berada di rumah maupun di perjalanan. Bahkan ketika beliau sedang sakit atau lelah karena perjalanan yang sangat jauh, beliau tetap melaksanakannya meskipun dengan mengqadha di siang hari.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement