Senin 14 Feb 2022 16:17 WIB

Ingin Turunkan Kolesterol? Pakar Sarankan Minum Jus Jeruk Murni

Jus jeruk murni 100 persen bisa bantu turunkan kadar kolesterol.

Rep: MGROL130/ Red: Nora Azizah
Jus jeruk murni 100 persen bisa bantu turunkan kadar kolesterol.
Foto: www.pxhere.com
Jus jeruk murni 100 persen bisa bantu turunkan kadar kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seseorang bisa memperhatikan kesehatan jantung dengan memperhatikan kadar kolesterol. Sejumlah kolesterol dibutuhkan untuk membangun sel dalam tubuh manusia. Namun, jika terlalu banyak, kolesterol jahat dapat menyebabkan penyakit jantung dan komplikasi kesehatan lainnya.

Permasalahan paling umum yang berbahaya bagi kesehatan tubuh dn berkaitan dengan kolesterol tinggi adalah penyumbatan arteri. Meskipun kolesterol tinggi terkadang bersifat genetik, terdapat perubahan pola makan yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkannya.

Baca Juga

Menurut Lauren Manaker, MS, RDN, salah satu minuman yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi adalah jus jeruk murni 100 persen. Sebab, jus jeruk tanpa tambahan gula adalah minuman yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

“Jus jeruk 100 persen murni adalah minuman manis alami yang bebas lemak dan sodium, dan sarat dengan vitamin dan mineral,” kata Manaker, dilansir dari EatThis, Senin (14/2/2022).

“Data juga menunjukkan bahwa minum jus jeruk 100 persen dapat dikaitkan dengan pengurangan kolesterol total, serta kolesterol LDL. Ditambah, minuman ini juga dapat meningkatkan kolesterol HDL baik.

Manaker juga mencatat bahwa review dan meta-analisis yang diterbitkan dalam ‘Phytotherapy Research’ menemukan bahwa minum jus jeruk dapat menurunkan kadar kolesterol total. Tinjauan tersebut menunjukkan bahwa mungkin ada hubungan antara OJ dan sensitivitas insulin juga, tetapi ini tidak sepenuhnya terbukti.

Selain itu, menjaga pola makan dan gaya hidup sehat sangat penting bagi orang yang memiliki kolesterol tinggi, di antaranya melakukan olahraga teratur, makan makanan sehat, menghindari makanan berkadar gula dalemak tinggi, serta membatasi makanan siap saji atau instan.

Biasanya untuk menurunkan kolesterol tinggi, dokter akan menyarankan untuk melakukan diet rendah lemak jenuh dan rendah lemak trans. Tak hanya itu, dianjurkan pula untuk menhindari penggunaan minyak, gula, dan garam berlebih.

Hal ini perlu dihindari karena selain kolesterol, asupan minyak, gula, garam yang tinggi juga berbahaya bagi kesehatan dan dapat menimbulkan dampak kesehatan lain, seperti obesitas, diabetes, ginjal, darah tinggi, dan serangkaian penyakit berbahaya lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement