Senin 14 Feb 2022 16:00 WIB

BI Dorong Tiga Inisiatif Pembayaran Digital

Pembayaran digital telah mendorong tingkat transaksi nasabah di seluruh daerah.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Pengunjung melakukan transaksasi digital dengan aplikasi pembayaran kepada pedagang (ilustrasi). Bank Indonesia (BI) mendorong tiga inisiatif pembayaran digital untuk pemulihan ekonomi.
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Pengunjung melakukan transaksasi digital dengan aplikasi pembayaran kepada pedagang (ilustrasi). Bank Indonesia (BI) mendorong tiga inisiatif pembayaran digital untuk pemulihan ekonomi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) mendorong tiga inisiatif pembayaran digital untuk pemulihan ekonomi. Gubernur BI, Perry Warjiyo menekankan pentingnya pembayaran digital dalam upaya mendorong pemulihan ekonomi.

"Bank Indonesia telah melakukan tiga inisiatif sebagai bentuk aksi kolektif, kolaboratif dan inklusif di antara negara maju dan berkembang," katanya dalam Finance Track Side Event, Senin (14/2/2022).

Baca Juga

Pertama, percepatan konsolidasi industri sistem pembayaran yang terdiri atas perbankan maupun fintech. Kedua, pengembangan infrastruktur sistem pembayaran yang terintegrasi.

Pengembangan ini akan mendukung interoperabilitas dan interkoneksi. Salah satunya dengan inisiatif berupa Standar Open API Pembayaran (SNAP), ekspansi 15 juta pengguna QRIS dan BI-FAST.

 Ketiga, sinergi dan koordinasi yang mencakup elektronifikasi, integrasi transformasi, serta digitalisasi UMKM. Perry menyampaikan layanan digital banking telah berkembang secara baik dalam menyediakan pembayaran ritel.

Perkembangan digital memerlukan kunci utama yakni keseimbangan antara inovasi dan mitigasi risiko, serta bersama-sama menuju pembayaran mancanegara. Dalam kondisi saat ini, kolaborasi dan aksi bersama antara negara berkembang dan negara maju kian penting sejalan dengan tujuan dari G20.

"Di sisi domestik, berbagai strategi akan efektif apabila seluruh pemangku kepentingan bekerja sama melalui pendekatan yang inovatif dan kolaboratif," katanya.

Sejalan dengan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyampaikan bahwa pembayaran digital dapat mendukung setiap dimensi pariwisata yaitu Cleanliness, Health, Safety, and Environment (CHSE) yang mendorong jumlah dan transaksi wisatawan.

Di samping itu, pendalaman inisiatif pembayaran digital yang dilakukan Bank Indonesia diyakini dapat mengakselerasi sektor pemerintah maupun bisnis. Sementara di sektor transportasi, ekspansi konektivitas jalan tol menjadi prospek positif bagi industri pembayaran digital.

Adapun dari sisi perbankan, pembayaran digital secara signifikan telah mendorong tingkat transaksi nasabah di seluruh daerah. Pandemi telah mempercepat adopsi digital oleh masyarakat dan memaksa industri untuk menyediakan layanannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement