Ahad 13 Feb 2022 17:42 WIB

Kepala BRIN: Tidak Benar Pemindahan Alat Eijkman tak Sesuai Prosedur

Proses migrasi alat-alat dari eks kantor Eijkman belum semuanya selesai.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kepala BRIN: Tidak Benar Pemindahan Alat Eijkman tak Sesuai Prosedur (ilustrasi).
Foto: Prayogi/Republika.
Kepala BRIN: Tidak Benar Pemindahan Alat Eijkman tak Sesuai Prosedur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Proses pemindahan alat dari eks kantor Eijkman di Kompleks RSCM Jakarta Pusat ke Cibinong Genome Center, Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bogor, Jawa Barat, mendapat perhatian publik karena dianggap tak sesuai prosedur. Menanggapi hal tersebut, Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko, menyebut hal tersebut tidak benar.

"Saya sudah mendapat informasi tersebut, saya pastikan itu hoaks. Peralatan yang sedang dipindah saat ini bukan termasuk yang membutuhkan perlakuan khusus," ungkap Handoko kepada Republika, Ahad (13/2).

Baca Juga

Handoko juga menyatakan, dalam proses migrasi alat itu pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan vendor. Keterlibatan vendor akan terus berlangsung hingga penginstalasian kembali alat tersebut di Cibinong Genome Center. Di sana, kata Handoko, vendor akan mengalibrasi ulang alat tersebut.

"Tim juga sudah berkoordinasi dengan vendor, dan saat instalasi kembali di Cibinong akan dikalibrasi ulang oleh vendor," jelas Handoko.

Handoko mengungkapkan, tim dari Deputi Infrastruktur BRIN sudah berpengalaman mengadakan, memelihara, dan mengoperasionalkan peralatan riset, mulai dari kapal, pesawat, sampai dengan mikroskop elektron. Menurut Handoko, timnya sudah melakukan inventarisasi dan mitigasi setiap jenis alat di Eijkman sejak tahun lalu.

"Tentu kami juga tidak ingin ada alat yang rusak. Karena semua dikelola sebagai bagian dari resource sharing untuk semua periset mengikuti SOP yang ada," jelas Handoko.

Dia mengaku memahami segala dugaan yang dimiliki oleh para mantan periset Eijkman. Menurut dia, itu terjadi karena mereka dahulu terbiasa mengelola alat-alat itu sendiri dan merasa memiliknya sendiri. Pada proses manajemen baru, kata Handoko, seluruh infrastruktur riset dikelola secara terpusat oleh Deputi Infrastruktur BRIN.

"Sehingga periset bisa fokus ke riset dan tidak dibebani dengan hal lain di luar riset. Di lain sisi ini memastikan seluruh alat bisa dibuka sebagai sumber daya bersama, sehingga utilisasi meningkat dan memfasilitasi seluruh pihak termasuk kampus dan industri, tentu dengan SOP tertentu," jelas dia.

Handoko juga mengatakan proses migrasi alat-alat dari eks kantor Eijkman belum semuanya selesai. Proses tersebut akan dilakukan secara bertahap dari lab ke lab. Dia mengaku, proses tersebut tidak membutuhkan biaya yang mahal. Memang ada penawaran yang mahal dari pihak vendor, tapi pihaknya tengah menegosiasikan hal tersebut.

"Tidak, sama sekali tidak mahal kok. Ada yang penawarannya agak mahal dari NovaSec, tapi itu sedang kami negosiasikan. Tetapi secara umum itu hal biasa, kami sudah sering memindahkan alat," kata Handoko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement