Jumat 11 Feb 2022 17:39 WIB

Hari Pers Nasional, Imogen Luncurkan Peta Media Massa

Cepatnya pergerakan teknologi, industri media bersifat dinamis mengikuti perubahan.

Media massa(ilustrasi)
Foto: [ist]
Media massa(ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peta media massa di Indonesia mengalami beberapa perubahan cukup signifikan, menyusul tutupnya beberapa media setelah dihajar pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir. Hal ini dipotret oleh Imogen Communication Institute (ICI), bagian dari Imogen Public Relations, dalam laporan kajian Indonesian Media Landscape 2022 yang diluncurkan bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2022 lalu. 

Laporan ini menyajikan situasi terkini dari lanskap media massa di Indonesia meliputi cetak, online, dan televisi dalam lingkup nasional dan lokal di 34 provinsi di Indonesia. Indonesia Media Landscape Report 2022 disajikan dalam 60 halaman dan bisa diakses melalui tautan di situs resmi Imogen PR.

Managing Director Imogen Public Relations Jojo S Nugroho dalam siaran persnya mengatakan, cepatnya gerakan dan perubahan dalam dunia media massa, terutama dengan adanya efek dari pandemi memotivasi timnya untuk melakukan riset pemetaan media ini. 

"Pers merupakan pilar keempat dalam demokrasi yang memiliki peran penting sebagai kanal informasi, terutama dalam era digital. Namun disrupsi teknologi dan pandemi menjadi badai besar bagi kelangsungan media massa. Setelah badai mereda, kondisi ini harus kita petakan kembali," kata Jojo dalam siaran pers, Jumat (11/2/2022).

Menurut pria yang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI) ini, dengan cepatnya pergerakan zaman dan teknologi, industri media bersifat sangat dinamis mengikuti perubahan, meski banyak juga yang kandas dihantam krisis. 

Public Affairs Director Imogen yang juga kepala tim riset ini, Wahyuningrat, menambahkan secara rinci bahwa pemetaan ini didasari oleh kondisi saat ini berdasarkan keberadaan, sirkulasi, jumlah pembaca, kepemilikan, per sektor dan per wilayah. Terdapat indexing koran nasional, majalah dan tabloid nasional, televisi berita nasional, media online nasional, grup media, media per sektor, media lokal per provinsi, media berbahasa Inggris dan Mandarin. 

"Pemetaannya dibuat secara sistematis agar khalayak yang membutuhkan dapat lebih mudah memahami kondisi media saat ini, dan memudahkan mereka dalam pemilihan media dengan kebutuhan perusahaan," katanya menambahkan.

Meski demikian, informasi yang terdapat dalam laporan kajian ini ditujukan hanya sebagai sumber informasi dan bukan untuk digunakan sebagai keperluan investasi. Informasi, analisis, dan kesimpulan dalam laporan kajian ini juga tidak dapat digunakan sebagai perkiraan ataupun jaminan bagi hasil di masa depan. 

"Bagaimanapun kami yakin laporan ini bisa menjadi referensi dalam mengetahui pemetaan media massa di Indonesia saat ini, bagi kalangan praktisi PR, praktisi komunikasi, pelaku industri dan khalayak umum pemerhati media," ujar Wahyuningrat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement