Jumat 11 Feb 2022 08:14 WIB

Wakil Ketua MPR: Lindungi Para Tenaga Kesehatan 

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta tenaga kesehatan dilindungi

Rep: Febrianto Adi Saputro / Red: Nashih Nashrullah
Tenaga kesehatan melakukan tes swab. Ilustrasi. Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta tenaga kesehatan dilindungi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Tenaga kesehatan melakukan tes swab. Ilustrasi. Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta tenaga kesehatan dilindungi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat, mengatakan perlindungan sistematis bagi para tenaga keseharan dari paparan Covid-19 sangat penting dilakukan. Hal tersebut disampaikan Lestari menyikapi positivity rate di lingkungan tenaga kesehatan yang terus meningkat. 

"Kewaspadaan juga harus ditingkatkan pada sistem layanan kesehatan dalam penanganan lonjakan kasus positif Covid-19 saat ini. Sejumlah standar perlindungan terhadap tenaga kesehatan harus konsisten diterapkan," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/2/2022). 

Baca Juga

Mengutip catatan Kementerian Kesehatan yang dihimpun per 6 Februari 2022, perempuan yang akrab disapa Rerie itu menyebut, dari empat rumah sakit di Jakarta, lebih dari 30 persen tenaga kesehatan (nakes) di lokasi itu terpapar Covid-19. Sebagian besar tenaga kesehatan yang terpapar bergejala ringan dan tanpa gejala.  

Rerie mengatakan, meski berdampak ringan terhadap tenaga kesehatan, kondisi itu semakin menuntut adanya konsistensi dalam perlindungan para tenaga kesehatan. Testing dan tracing yang sistematis dan terukur, harus konsisten dilakukan untuk mencegah penularan terhadap pasien di sarana-sarana kesehatan yang ada.  

Rerie menambahkan, apalagi ada tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 tetapi tidak bergejala, bila tidak konsisten dilakukan testing berpotensi menulari pasien yang sedang berobat.  

Menurutnya kondisi tersebut menuntut profesionalisme yang tinggi dari pengelola fasilitas kesehatan dan para tenaga kesehatan untuk tetap konsisten melakukan test swab agar status kesehatan para petugas kesehatan terkonfirmasi dengan jelas.  

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengimbau dalam menghadapi tren peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 saat ini, para pemangku kepentingan dan masyarakat diharapkan meningkatkan kedisiplinan dalam menegakkan dan mematuhi aturan yang ada dalam rangka mengendalikan penyebaran Covid-19 di Tanah Air.       

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement