Jumat 11 Feb 2022 06:40 WIB

Garuda Indonesia Buka Rute Penerbangan Surabaya-Lombok

Layanan penerbangan Surabaya-Lombok tersebut dilayani dua kali setiap minggu.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Pesawat Garuda Indonesia (ilustrasi)
Foto: Reuters
Pesawat Garuda Indonesia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia pada hari Kamis (10/2) mulai melayani rute penerbangan Surabaya-Lombok. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pengoperasian rute penerbangan tersebut selaras dengan komitmen berkelanjutan Garuda Indonesia dalam mendukung pengembangan Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang turut menjadi salah satu destinasi wisata prioritas nasional.

"Dibukanya rute penerbangan ini juga turut kami selaraskan dengan momentum gelaran event internasional di Lombok yakni MotoGP yang akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang di Mandalika," kata Irfan dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (11/2/2022).

Baca Juga

Da menjelaskan, layanan penerbangan Surabaya-Lombok tersebut dilayani dua kali setiap minggunya yaitu pada Kamis dan Ahad dengan nomor penerbangan GA 440. Penerbangan tersebut diberangkatkan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya pada pukul 09.55 WIB dan tiba Bandara Internasional Lombok pada pukul 12.00 WITA.

Selanjutnya penerbangan menuju Surabaya  dilayani dengan GA 441. Penerbangan dari Bandara Internasional Lombok pada pukul 12.45 WITA dan tiba di Bandara Internasional Juanda pada pukul 12.55 WIB.

Irfan menambahkan, rute Surabaya-Lombok tersebut juga merupakan bentuk partisipasi aktif Garuda Indonesia dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi di berbagai destinasi. Baik melalui sektor perekonomian daerah maupun pariwisata setempat.  

"Dibukanya rute penerbangan ini kami harapkan juga dapat memberikan ragam pilihan yang masyarakat yang akan menyaksikan langsung gelaran MotoGP di Mandalika, Lombok," jelas Irfan.

Dia menegaskan, Garuda Indonesia intensif melaksanakan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan seluruh kriteria dan syarat penerbangan terpenuhi. Selain itu juga protokol kesehatan terimplementasikan secara konsisten dalam upaya untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang seamless bagi para pengguna jasa.

Sementara itu, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah menyambut baik atas dibukanya kembali penerbangan Garuda Indonesia rute Surabaya-Lombok ini. “Kiranya dengan dibukanya kembali penerbangan ini mobilitas masyarakat dari Surabaya ke Lombok ini akan menjadi lebih baik sehingga dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Lombok," ungkap Zulkieflimansyah.

Dengan dilayaninya penerbangan Surabaya – Lombok, saat ini Garuda Indonesia melayani sedikitnya sembilan rute penerbangan dari dan menuju Lombok setiap pekannya yang diberangkatan dari kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Lombok. Penerbangan tersebut dioperasikan dengan menggunakan armada B737-800 berkapasitas 12 bisnis dan 141 ekonomi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement